Teknik Budi Daya Jamur Merang


Pertanianku – Budi daya jamur merang sudah dimulai sejak sebelum abad ke-18 di Cina. Sekitar tahun 1932—1935, jamur merang diintroduksi ke Filipina, Malaysia, dan negara Asia Tenggara lainnya oleh orang-orang Cina. Sejak saat itu jamur merang dibudidayakan di berbagai Negara.

Cara Menghindari Jamur Beracun

Negara-negara di Asia Tenggara beriklim tropis basah dan ditumbuhi bermacam tanaman yang hampir bersamaan dengan padi sebagai tanaman pangan utama. Selain padi, tanaman lain yang banyak diusahakan di Asia Tenggara adalah pisang, kapas,  kelapa sawit, pisang, dan sebagainya. Limbah dari tanamantanaman tersebut dapat digunakan sebagai media tumbuh pada pembudidayaan jamur merang. Dengan demikian, negara-negara Asia Tenggara sebenarnya berpeluang besar untuk mendapatkan makanan berprotein yang murah dengan cara membudidayakan jamur merang secara besar-besaran.

Di Indonesia, jamur merang telah dibudidayakan sejak tahun 1955. Berbagai cara telah dipelajari untuk memperbaiki dasar teknologi dalam membudidayakan jamur merang. Walaupun setiap negara mempunyai teknik pembudidayaan yang spesifik dan agak berbeda satu dengan lainnya, tetapi sebenarnya prinsip dasarnya sama.

Saat ini, dikenal ada tiga cara budi daya jamur merang, yaitu budi daya di luar kumbung (cara tradisional), budi daya di dalam kumbung (cara modern), dan budi daya dalam growth chambers. Selain ketiga cara tersebut, ada cara budi daya lain yang dilakukan di dalam dapur.

Di Indonesia dikenal ada dua macam jamur merang, yaitu hasil jamur liar atau jamur lapangan (merupakan hasil budi daya jamur di luar kumbung) dan jamur rumah atau jamur kota (merupakan hasil budi daya jamur di dalam kumbung).

 

Sumber:Buku Budidaya Jamur Merang

Baca Juga:  Cara Mudah Mengatasi Panik dengan Konsumsi Sayuran Ini
loading...
loading...