Teknik Budidaya Jamur Kancing Skala Rumah Tangga


Pertanianku — Teknik budidaya jamur kancing skala rumah tangga sebenarnya cukup mudah untuk ditiru. Jamur champignon atau yang lebih dikenal dengan sebutan jamur kancing termasuk jenis jamur saprofit, yaitu jamur yang tumbuh pada substrat organik yang telah mengalami pengomposan. Jamur ini juga dapat dibudidayakan pada skala rumahan.

budidaya jamur kancing skala rumah tangga
Foto: Google Image

 

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika ingin memulai bisnis jamur kancing skala rumahan. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Persiapan bibit

Bagi pembudidaya skala rumahan, biasanya lebih condong menggunakan bibit F3 yang dapat langsung ditebar pada media tanam. Akan tetapi, jika Anda hendak membeli bibit sebaiknya pilih bibit yang telah teruji dan mempunyai nilai BER (Bioligical Effeciency Ratio) jamur kancing 25—40%.

  1. Tahap budidaya

Pada budidaya jamur kancing, tahapannya hampir sama dengan budidaya jamur merang, yakni dilakukan dengan cara menebar bibit F3 pada media tanam yang telah disiapkan pada rak-rak yang ada di dalam kumbung.

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam jamur kancing dapat dibuat dari jerami padi, kapur pertanian, dan bekatul. Setelah itu, perlu dilakukan proses pengomposan pada media tanam untuk mematikan jamur liar dalam tingkat rendah. Selanjutnya, lakukan proses sterilisasi untuk menyempurnakan proses pengomposan.

Anda juga perlu melakukan casing, yakni proses pelapisan tanah setebal 3—5 cm di atas media tanam yang telah ditumbuhi miselium. Tujuannya, untuk menstimulir pembentukan tubuh buah, mengurangi kerusakan kompos, membantu pertumbuhan jamur, dan membantu mencegah penguapan air.

  1. Pemeliharaan

Pengamatan dan kontrol setiap hari sangat perlu untuk dilakukan. Cek kondisi lingkungan atau udara, kelembapan, dan suhu di dalam kumbung. Seperti halnya memelihara jamur merang, pada budidaya jamur kancing, penyemprotan air dlakukan bila suhu udara meningkat dan kelembapan rendah.

  1. Panen dan pascapanen
Baca Juga:  Yuk, Makan Petai dan Rasakan Manfaatnya yang Menakjubkan

Jamur kancing dapat dipanen setelah tubuh buahnya tumbuh atau pada stadia kancing, yaitu jamur dengan selubung yang masih tertutup. Kondisi ini biasanya terbentuk setelah 12—17 hari proses casing. Masa panen jamur kancing anatara 30—50 hari dengan pemetikan dua kali sehari selama tiga kali periode pemanenan.

Setelah jamur dipetik, lakukanlah sortasi untuk menyeragamkan ukuran. Pada stadia kancing, jamur bertahan selama 4 hari bila ditempatkan pada suhu kurang dari 16°C. Sementara, pada suhu kamar, jamur ini hanya bisa bertahan 1—2 hari.

loading...
loading...