Teknik Budidaya Jamur Kuping Skala Rumah Tangga


Pertanianku — Teknik budidaya jamur kuping skala rumah tangga sebenarnya cukup mudah untuk ditiru. Jamur kuping dapat ditanam di daerah beriklim dingin sampai panas atau di daerah yang memiliki empat musim. Di pasaran, jamur kuping memiliki prospek yang cukup baik karena harganya mahal sehingga Anda bisa mencoba untuk membudidayakannya walaupun hanya skala rumahan.

budidaya jamur kuping skala rumah tangga
Foto: Google Image

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika ingin memulai bisnis jamur kuping skala rumahan. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Persiapan sarana pendukung

Persiapan untuk budidaya jamur kuping sama halnya seperti persiapan budidaya jamur tiram. Media tanam jamur kuping dan jamur tiram sama-sama menggunakan media kayu.

  1. Persiapan bibit

Bibit jamur kuping yang akan dibudidayakan tentunya harus bermutu baik sehingga nantinya dapat diperoleh hasil yang optimal ketika panen. Perusahaan jamur skala besar biasanya memiliki fasilitas untuk mebiakkan bibit murni untuk mendapatkan bibit jamur F1.

Namun, bila usaha budidaya yang dilakukan skala kecil, sebaiknya tidak perlu membuat bibit sendiri, tetapi membeli bibit yang siap pakai (F4). Pilihlah bibit yang telah teruji dengan nilai BER (Biological Effeciency Ratio) 50—58%.

  1. Tahap budidaya

Untuk tahapan budidayanya sendiri, Anda perlu menyiapkan media tanam, fermentasi media tanam, membuat baglog, sterilisasi, inokulasi, dan inkubasi.

  1. Pemeliharaan

Setiap hari, amati pertumbuhan jamur. Cek juga kondisi lingkungannya, termasuk suhu dan kelembapan, serta sirkulasi udaranya. Hal ini penting dilakukan agar dapat diketahui secara dini apabila terdapat jamur yang pertumbuhannya terganggu. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui jika ada jamur yang terserang hama dan penyakit sehingga bisa segera Anda tangani.

  1. Panen dan pascapanen

Waktu panen jamur kuping yang tepat ialah bila jamur telah tumbuh maksimal. Pertumbuhan maksimal ditandai dengan gelombang yang tidak rata di tepi jamur. Waktu panen jamur kuping yang paling tepat adalah dilakukan pada umur 3—4 minggu sejak pembentukan calon tubuh buah dengan berat sekitar 65 gram.

Baca Juga:  Kementan Siapkan Langkah Hadapi Kemarau untuk Jaga Produksi Beras

Usai pemanenan, jamur kuping harus segera disortir sesuai dengan ukuran dan keutuhan jamur. Jamur kuping biasanya dipasarkan dalam dua bentuk, yakni bentuk segar dan bentuk kering.

loading...
loading...