Teknik Budidaya Jamur Merang dalam Growth Chambers


Pertanianku – Teknik budi daya jamur merang yang dilakukan dalam growth chambers ini tidak lazim dipakai petani di Indonesia. Teknik ini dilakukan dalam ruang atau kotak khusus untuk menumbuhkan jamur.

Olahan Segar Jamur Merang

Pada dasarnya teknik budi daya ini sama saja dengan teknik budi daya jamur merang dalam kumbung. Hanya saja, ukuran tempat tumbuhnya kecil dan ruangannya dilengkapi peralatan untuk mengatur faktor lingkungan dengan tepat.

Budi daya jamur dalam growth chambers membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk pengadaan peralatannya.  Peralatan tersebut digunakan untuk mengatur suhu, cahaya, sirkulasi udara, dan faktor lingkungan lain. Oleh karena biayanya mahal, usaha skala kecil tidak akan memberikan keuntungan optimum.

Teknik budi daya dalam growth chambers ini tidak diulas dalambuku ini karena umumnya hanya dilakukan untuk penelitian sifatsifat jamur dan pemuliaan jamur. Pemuliaan jamur dalam growth chambers terutama ditujukan untuk memperoleh strain yang lebih baik ditinjau dari kuantitas dan kualitasnya.

Agar pembudidayaan ini tidak memakan ruang maka tempat tumbuhnya diatur sedemikian rupa. Sebagai misal, cawan 15 cm x 7,5 cm dapat mewakili satu sampel perlakuan sehingga dalam satu growth chambers kecil dapat diletakkan beberapa atau ratusan sampel perlakuan. Jamurnya dapat ditanam pada saat bersamaan.

 

Sumber: Buku budidaya jamur merang

 

Baca Juga:  Cuaca Tidak Menentu, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Ini