Teknik Budidaya Jamur Merang Skala Rumah Tangga


Pertanianku — Teknik budidaya jamur merang skala rumah tangga sebenarnya cukup mudah untuk ditiru. Jamur merang termasuk spesies jamur yang cukup dikenal oleh masyarakat pedesaan, terutama di wilayah Asia Tenggara. Usaha budidaya jamur merang dapat dilakukan pada skala rumah tangga dengan nilai ekonomi yang cukup bagus.

Budidaya Jamur Merang Skala Rumah Tangga
Foto: Google Image

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika ingin memulai bisnis jamur merang skala rumahan. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Persiapan bibit

Pada usaha budidaya jamur merang skala rumah tangga, yang menjadi prioritas ialah persiapan bibit. Persiapan bibit tersebut, yakni membiakkan bibit F3 di dalam kumbung untuk dikembangkan menjadi bibit F4 dan dibudidayakan hingga masa panen.

  1. Tahap budidaya

Saat ini, budidaya jamur merang masih banyak dilakukan dengan cara menebar bibit ke media tanam. Media tanam untuk jamur merang dapat dibuat secara sederhana dan biasanya hasil modifikasi dari para pembudidaya jamur merang.

Proses fermentasi media tanam jamur merang sangat penting untuk mematikan jamur liar dan mempercepat proses pelapukan media. Selanjutnya, sterilisasi media tanam dilakukan di dalam rumah kumbung. Proses inkubasi bibit jamur merang dilakukan di dalam rumah kumbung.

  1. Pemeliharaan

Sebagai pembudidaya, jangan lupa untuk memelihara jamur setelah penanaman selesai. Pengamatan setiap hari terhadap kondisi rumah kumbung dan pertumbuhan jamur sangat dianjurkan. Suhu dan kelembapan rumah kumbung selalu dijaga agar sesuai dengan pertumbuhan jamur merang.

  1. Panen dan pascapanen

Panen jamur merang harus dilakukan dengan tepat waktu, yakni pada stadia kancing sebelum stadia perpanjangan. Pemanenan harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak jamur yang dipanen dan calon tunas tumbuhnya.

Setelah jamur merang dipetik, sebaiknya sekalian dilakukan sortasi sesuai penggolongan ukuran. Selanjutnya, jamur merang dapat diolah sebagai upaya untuk pengawetan atau mempertahankan mutu.

Baca Juga:  Kementan Siapkan Langkah Hadapi Kemarau untuk Jaga Produksi Beras
loading...
loading...