Teknik Inseminasi Buatan Pada Kambing dan Domba


Pertanianku – Sebelum IB(Inseminasi Buatan) dilakukan, persiapannya harus diteliti lagi, termasuk induk, sperma, dan peralatannya. Peralatan seperti syringe, straw, pipet, dan wadah (erlenmeyer) harus steril serta tidak rusak atau bocor. Setelah semuanya siap, IB dapat dilakukan oleh dua orang. Urutan kegiatan IB sebagai berikut.

Kambing_Pasar Cisalak_Bayu_020811 (121)

a) Ambil sperma yang telah diencerkan sesuai dengan kebutuhan, gunakan pipet ukur atau alat sejenis untuk mengukurnya, kemudian tuangkan ke dalam wadah yang telah disiapkan

b) Ambil jarum pada syringe dan gantilah dengan straw yang masih utuh dan bersih.

c) Masukkan sperma yang telah diencerkan pada syringe hingga penuh. Pada pangkal tabung syringe dapat diberi udara untuk kekuatan semburan (satu orang).

d) Satu orang lainnya membantu mengarahkan posisi ternak dengan menghadap ke belakang dan memegang kedua kaki belakang serta mengangkat ekornya sedikit ke atas. Bila birahi tampak nyata, straw dapat langsung dimasukkan secaraperlahan sesuai dengan kontraksi-relaksasi otot pada vagina menuju pangkal serviks. Setelah itu, tekan tuas syringe sehingga semua sperma menyembur ke pangkal vagina atau ujung serviks. Apabila birahi kurang nyata, ternak betina akan sedikit rewel sehingga perlu dipegangi oleh dua orang.

e) Tarik keluar straw dengan hati-hati, kemudian kembalikan ternak ke kandangnya.

f ) Tunggu sekitar dua minggu, kemudian lakukanlah tes kebuntingan.

 

Sumber: Buku Teknik Pembibitan Kambing dan Domba

 

Baca Juga:  Besarnya Peluang Usaha Ayam Kampung Joper
loading...
loading...