Teknik Membersihkan Kandang Ayam Petelur yang Paling Benar

Pertanianku — Apakah Anda salah satu peternak ayam petelur? Apakah Anda sudah mengetahui teknik membersihkan kandang ayam petelur yang baik dan benar? Kandang ayam petelur harus rajin Anda bersihkan. Jika kandang ayam tersebut bersih, ayam petelur tentu menjadi sehat.

teknik membersihkan kandang ayam petelur
Foto: Unsplash

Akan tetapi, sekarang banyak sekali peternak yang malas untuk membersihkan kandang. Hal yang harus Anda mengerti adalah ayam petelur adalah hewan yang memiliki banyak kotoran. Apabila kotoran tersebut tidak dibersihkan dengan rutin, akan membuat kotoran menjadi menumpuk. Jika kotoran menumpuk, akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan banyak bakteri dalam kandang tersebut.

Anda harus membersihkan kandang ayam petelur secara rutin. Salah satu bagian kandang yang wajib Anda bersihkan adalah bagian dalam. Anda harus menyapu bagian dalam kandang tersebut. Biasanya bagian dalam kandang akan terdapat banyak kotoran dari ayam ataupun sisa pakan ayam petelur.

Loading...

Jika bagian dalam Anda bersihkan, ayam petelur akan menjadi sehat. Apabila bagian dalam tidak dibersihkan, akan membuat ayam menjadi kotor karena harus terkena kotoran yang ada di dalam kandang.

Selain bagian dalam kandang ayam petelur, ada bagian lain yang harus Anda bersihkan. Bagian yang dimaksud adalah bagian bawah kandang. Bagian bawah kandang akan menampung banyak kotoran ayam. Dengan demikian, Anda harus membersihkannya secara rutin.

Jika Anda tidak membersihkan bagian bawah kandang, akan muncul bau yang tidak sedap. Anda bisa menyapu bagian bawah kandang pada pagi dan sore hari. Jika tidak sempat untuk membersihkan dua kali sehari, Anda bisa membersihkannya satu kali sehari, yaitu pada sore hari.

Jika sudah membersihkan bagian dalam dan luar kandang ayam petelur, Anda harus menyemprotkan disinfektan ke kandang tersebut. Dengan menyemprotkan bahan kimia tersebut, bakteri yang ada dalam kandang akan menjadi mati. Bakteri yang yang ada dalam kandang akan menimbulkan banyak penyakit jika tidak dibasmi.

Baca Juga:  Trik Jitu Pemasaran Telur Puyuh

Anda harus menyemprotkan bahan kimia tersebut minimal 2 kali dalam seminggu. Apabila Anda melakukan penjelasan tadi dengan baik, kandang ayam akan menjadi lebih bersih dan sehat untuk ditempati ayam petelur. Tentunya, akan berpengaruh pada kesehatan dan produktivitas ayam petelur.

Loading...
Loading...