Teknik Menanam Padi Gogo yang Baik dan Benar


Pertanianku — Ada sekitar 25 jenis tanaman padi yang paling sering ditanam oleh petani. Namun, jenis padi yang ditanam di sawah berbeda dengan jenis padi yang ditanam di ladang atau di daerah perbukitan. Padi yang cocok ditanam di daerah perbukitan ialah padi gogo. Lalu, seperti apa teknik menanam padi gogo yang baik dan benar?

teknik menanam padi gogo
Foto: Google Image

Padi ini sangat berbeda dengan saudaranya, yaitu padi sri yang ditanam di areal persawahan. Jenis gogo tidak banyak membutuhkan air dan juga pengolahannya cukup mudah. Untuk bercocok tanam padi jenis gogo, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara menanam padi jenis gogo

Menanam padi gogo tidak jauh berbeda dengan teknik menanam padi jenis lain misalnya padi ciherang. Pertama, lakukan pengolahan tanah dengan benar. Cara mengolah ladang untuk padi gogo harus disesuaikan dengan musim.

Waktu yang tepat untuk mulai mengolah ladang, yakni akhir musim kemarau sekitar bulan oktober dan november. Dengan begitu, ladang diperkirakan akan mendapat pasokan air hujan pada saat tanaman membutuhkan air.

Pemeliharaan ladang dan persemaian

Bertanam padi membutuhkan kesabaran serta teknik yang benar. Ladang harus bersih dari rumput dan sampah plastik agar pertumbuhan padi maksimal. Tanah dibajak dan digaru seperti pada menanam padi biasa.

Setelah tanah selesai diolah, lanjutkan dengan pembibitan. Langkah ini sangat penting karena jika pembibitan gagal, maka tanaman padi tidak akan tumbuh dengan sempurna. Setelah bibit mulai disemai, pindahkah bibit ke areal ladang.

Setelah sekitar 3—4 bulan dan bulir padi sudah mulai menguning, maka padi siap untuk dipanen. Gunakan arit yang tajam untuk mengurangi kerontokan padi saat memanen. Hasil padi gogo per hektare lumayan besar, yaitu 3—4 ton gabah kering giling per hektare sehingga mampu menunjang kehidupan para petani.

Baca Juga:  Piraweh Ampalu, Varietas Baru Jambu Biji Kualitas Jempolan

Teknik bubidaya padi jenis gogo tidak membutuhkan banyak perhatian dan perlakukan. Anda hanya harus rajin membersihkan ladang dari rumput serta hama pengganggu lain seperti tikus dan burung, maka hasil yang akan dicapai akan cukup memuaskan. Pengairan hanya diperlukan saat awal tanam dan saat padi mulai berbunga.

Karena padi gogo sangat bergantung pada air hujan, maka biasanya padi gogo hanya bisa ditanam sekali dalam setahun dan diselingi dengan tanaman kering seperti jagung dan kedelai.

loading...
loading...