Teknik Mengecilkan Daun pada Pohon Bonsai

Pertanianku — Bonsai akan tampak semakin indah saat daun-daunnya mengecil. Namun, pada umumnya pohon kayu yang biasanya dibonsai memiliki daun yang besar. Oleh karena itu, para hobiis harus mengecilkan daun agar bonsai terlihat makin indah.

mengecilkan daun
foto: pixabay

Namun, tidak semua jenis pohon bisa dikecilkan daunnya, seperti pohon siantho dan dewondaru. Namun, ada pula pohon yang sudah memiliki daun kecil tetap dikecilkan lagi daunnya. Saat ini sudah berkembang teknik mengecilkan daun dengan cara mengurangi unsur hara untuk tanaman.

Pengurangan unsur hara tersebut dilakukan tanpa membuat daun rusak atau bahkan membuat pohon menjadi mati. Pohon yang bisa dikecilkan daunnya adalah pohon yang tidak mudah mengalami kerontokan daun.

Loading...

Mengecilkan daun pada pohon bonsai juga dilakukan dengan pemangkasan. Cabang atau ranting yang dipangkas akan menumbuhkan ranting yang baru dan lebih banyak daunnya. Dengan semakin berkurang unsur hara yang diberikan, akan semakin sedikit pula daun menerima unsur hara. Hal terseut akan menyebabkan daun yang terbentuk menjadi lebih kecil dari ukuran normal.

Pemangkasan harus dilakukan dalam waktu yang sama untuk satu bonsai. Jika cabang atau ranting dipotong, ranting atau cabang yang dipotong itu tumbuhnya akan lebih lambat dibanding yang tidak dipotong.

Syarat tanaman yang bisa dikecilkan adalah daunnya yang tampak sehat dan memiliki ranting berlebih. Tanaman yang tidak sehat tidak akan mampu membentuk daun kecil, tanaman tersebut justru akan akan mati.

Untuk tanaman berdaun jarum seperti pinus, pemangkasan akan menyebabkan ujung daunnya berwarna cokelat akibat luka pangkas. Keadaan ini malah membuat bonsai menjadi tidak indah. Untuk itu, jenis pohon berdaun jarum harus dipangkas pada bagian cabang atau ranting yang tidak berdaun, tetapi bagian belakang dari cabang atau ranting itu harus berdaun.

Baca Juga:  Kenali Kondisi Kompos yang Baik untuk Diberikan ke Tanaman

Cabang atau ranting yang dipangkas harus sudah benar-benar tua dan warnanya tidak hijau. Pemangkasan dilakukan dua kali per tahun, sedangkan jenis tanaman lain bisa dilakukan sewaktu-waktu asalkan cabang atau rantingnya sudah tua.

Air sangat berperan dalam proses pengecilan daun. Jika air dikurangi, daun bonsai akan mengecil. Selain pengurangan air, frekuensi pemberian air juga lebih dikurangi menjadi 2—3 hari sekali. Cara ini tidak bisa dilakukan pada saat musim hujan.

Agar air yang tersimpan dalam media lebih sedikit tapi merata, gunakan media tanam yang kasar. Bonsai yang akan dikecilkan daunnya pun harus diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari. Jika diletakkan di tempat teduh, malah akan membuat daun tumbuh normal.

Loading...
Loading...