Teknik Menyemai pada Hidroponik Media Rockwool

Pertanianku — Inovasi pertanian yang hingga kini tak lekang digunakan adalah penggunaan metode hidroponik. Banyak keunggulan hidroponik yang menjadikannya salah satu metode paling digemari oleh petani modern. Bila tertarik mengikuti kesuksesannya, Anda perlu mempelajari proses budidaya metode ini, termasuk teknik menyemai pada hidroponik dengan baik dan benar.

teknik menyemai pada hidroponik
Foto: pixabay

Hidroponik dapat dilakukan dengan beragam jenis media. Salah satu media hidroponik yang populer adalah rockwool. Bentuk media ini seperti busa dengan serabut halus. Beratnya pun sangat ringan.

Rockwool terbuat dari batuan basalt. Batuan ini ditempa pada suhu tinggi. Di pasaran, rockwool dijual dalam bentuk lempengan atau blok yang besarnya bisa Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan.

Cara menyemai pada hidroponik media rockwool sebagai berikut. Sebelumnya, Anda harus menyiapkan wadah semai berupa baki plastik terlebih dahulu. Siapkan juga rockwool yang akan digunakan dengan memotongnya hingga hampir terputus menjadi ukuran yang diinginkan.

Media rockwool kemudian diletakkan pada wadah semai. Pastikan di bagian atasnya merupakan bagian yang tidak keras. Tujuannya adalah untuk memudahkan perenggangan supaya benih dapat tumbuh dengan baik.

Media dibasahi dengan cara disemprot. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan gayung hingga seluruh bagiannya basah. Setelah itu, tiriskan hingga tidak ada air menetes.

Buat lubang tanam di bagian tengah dengan tusuk gigi. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Benih yang sudah Anda siapkan dapat dimasukkan ke lubang tanam. Satu lubang bisa diisi 1—2 buah benih untuk tanaman dengan daun berbentuk lebar, misalnya sawi atau selada.

Jika Anda memilih sayuran dengan daun yang tidak melebar, Anda dapat memasukkan 5—6 benih dalam satu lubang. Contoh tanaman sayur ini adalah bayam, kangkung, daun bawang, dan seledri. Penuhi seluruh media tanam yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  Cara Membuat Tempe Menjadi Kecap yang Lezat

Langkah berikutnya adalah menutup persemaian tersebut dengan plastik atau kain hitam. Nampan yang berisi media rockwool yang sudah berisi benih ini kemudian dipindahkan ke lokasi yang tidak terpapar sinar matahari. Selain itu, lokasi ini juga terhindar dari gangguan.

Selain rockwool, teknik menyemai pada hidroponik juga dapat dilakukan dengan media busa, sekam bakar, dan lainnya. Anda dapat membacanya secara lengkap di buku Tanya Jawab Hidroponik yang diterbitkan oleh Penerbit Penebar Swadaya.


loading...