Teknik Merawat Tabulampot Lengkeng Matalada agar Tetap Rajin Berbuah

Pertanianku — Lengkeng matalada dapat dijadikan sebagai tanaman buah di dalam pot (tabulampot) karena perawatannya terbilang cukup mudah dan tanaman tetap dapat rajin berbuah, seperti ketika ditanam langsung di lahan. Namun, Anda perlu memberikan perawatan yang lebih intensif agar pertumbuhan tanaman di pot tidak sengsara. Berikut ini beberapa langkah merawat tabulampot lengkeng matalada agar tetap rajin berbuah.

tabulampot lengkeng matalada
foto: Toko Trubus

Penyiraman

Tanaman lengkeng matalada yang baru ditanam perlu diberikan penyiraman setiap hari agar suplai air tidak terganggu. Hal ini karena tanaman tidak bisa mencari sumber air selain dari penyiraman.

Setelah dewasa, pada musim hujan tanaman perlu disiram sehari sekali. Sementara itu, pada musim kemarau tanaman cukup disiram dua hari sekali atau ketika media tanam terlihat kering.

Pemupukan

Pemupukan yang diberikan pada tabulampot lengkeng matalada harus diberikan lebih sering dalam jumlah yang sedikit-sedikit. Tanaman yang ditanam di lahan pemupukan dapat diberikan secara langsung sesuai dengan periode pemupukan atau setiap dua bulan sekali, tetapi tidak dengan tanaman lengkeng yang ditanam di pot. Tanaman perlu diberikan pupuk setiap dua minggu sekali dengan dosis yang lebih sedikit.

Pergantian media tanam

Media tanam yang berada di wadah pot perlu diganti secara rutin, biasanya sekitar enam bulan sampai satu tahun sekali. Kondisi media tanam yang sudah harus diganti ditandai dengan media tanam yang padat dan banyak akar yang muncul di permukaan serta memenuhi seluruh isi ruang di dalam pot.

Pergantian media tidak perlu dilakukan secara menyeluruh. Anda hanya perlu mengganti sebagian media tanam dengan media yang baru agar media tanam tetap gembur.

Pemangkasan

Tanaman perlu dipangkas secara rutin dengan cara yang benar. Pasalnya, pemangkasan yang salah malah dapat menyebabkan tanaman tidak kunjung berbuah meski sudah memasuki periode berbuah. Pemangkasan pada tanaman lengkeng matalada hampir sama seperti pemangkasan pohon buah lainnya.

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Cabang yang dipangkas adalah cabang yang menumpuk sehingga ada salah satu cabang yang tidak terkena cahaya matahari. Cabang yang dipertahankan adalah cabang yang bagus, sedangkan cabang yang kurang bagus dibuang. Pemangkasan juga dilakukan pada bagian tanaman yang sakit.

Agar lengkeng matalada tetap rajin berbuah, Anda membutuhkan berbagai perlengkapan untuk perawatan lengkeng matalada. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan kebutuhan perawatan untuk lengkeng matalada, mulai dari bibit lengkeng matalada berkualitas, media tanam, pupuk dan zat pengatur tumbuh, pestisida hingga peralatan berkebun seperti gunting pangkas.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.