Teknik Mudah Budi Daya Melinjo

Pertanianku – Melinjo atau dalam Bahasa sunda disebut tangkil merupakan tanaman tahunan yang dapat berbuah terus-menerus. Di Indonesia melinjo sangat popular karena dapat diolah menjadi emping. Bahkan dapat di ekspor ke luar negeri.

Teknik Mudah Budi Daya Melinjo

Tinggi pohon melinjo dapat mencapai 10 meter. Tanaman ini sebenarnya jarang dibudidayakan sebab dapat tumbuh dengan lebat meski tidak dirawat sekalipun. Tanaman ini dapat mencapai umur puluhan tahun.

Loading...

Tak hanya buahnya saja yang dapat diolah kulitnya bisa dijadikan abon kulit melinjo atau sayur yang lezat. Penelitian telah dilakukan pada melinjo menunjukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9–10 % di setiap biji melinjo. Ukuran protein utama 30 kilo Dalton adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit. Jika Anda tertarik untuk budi daya melinjo. Berikut panduannya.

  • Syarat Tumbuh

Tanaman melinjo dapat tumbuh pada tanah-tanah liat/lempung, berpasir dan berkapur, tetapi tidak tahan terhadap tanah yang tergenang air atau yang berkadar asam tinggi dan dapat tumbuh dari ketinggian 0–1.200 m dpl.

  • Cara budi daya melinjo

Untuk memulai budi daya melinjo hal utama yang perlu disiapkan adalah lahan untuk menanam. Lalu lahan siap dibersihkan dari gulma. Jika semuanya selesai buatlah lubang tanam berukuran 40x40x30 cm, jarak antara lubang tanam sekitar 4–6 m, lubang diisi pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 10–20 kg.

  • Pemupukan

Pemupukan menggunakan pupuk buatan dianjurkan supaya tumbuhnya sehat dan berbuah banyak. Pupuk buatan yang diberikan yaitu 100–200 gram. Pupuk diberikan pada saat bibit berumur satu bulan setelah tanam.

  • Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman dengan cara membersihkan gulma yang tumbuh di bagian bawah pohon untuk mengendalikan hama dan penyakit.

  • Penyiraman
Baca Juga:  Trik Memusnahkan Hama Uret pada Tanaman Nanas

Tanaman pada umur muda perlu dilakukan penyiraman, terutama pada musim kemarau agar pertumbuhan tanaman baik. Penyiraman dengan banyak air setelah diberi pupuk kimia perlu dilakukan, agar pupuk segera diserap akar tanaman.

  • Panen

Daun muda (daun so), bunga (kroto), dan buah melinjo dapat dipetik setiap saat. Sedangkan  uah yang telah tua dapat dipanen secara selektif setelah melinjo berubah warna menjadi merah. Buah melinjo yang telah tua dapat digunakan untuk membuat emping.

Sumber : Bertanam 36 Jenis Sayur

Loading...
Loading...