Teknik Pascapanen yang Tepat pada Kacang Kedelai

Pertanianku — Penanganan pascapanen yang tepat dapat meningkatkan kualitas panen yang akan dijual ke pasar. Panen yang berkualitas pastinya akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan petani. Berikut ini tahapan pascapanen kacang kedelai yang tepat.

kacang kedelai
foto: pixabay

Pengeringan

Kacang kedelai dan brangkasan yang sudah dipanen seperti daun, batang, dan polong harus segera dikeringkan, terutama saat kondisi udara sedang panas dan cerah. Sebab, proses pengeringan bisa dilakukan secara alami dengan panas matahari.

Loading...

Proses pengeringan harus segera dilakukan. Sebab, jika terlambat dapat menyebabkan biji atau benih yang dihasilkan bermutu rendah karena berjamur, berkecambah, atau busuk.

Pembijian

Hingga saat ini proses pembijian masih dilakukan secara tradisional sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja untuk proses perontokan biji. Untuk merontokkan biji kedelai sebanyak 1 ton/hektare biasanya membutuhkan pekerja hingga 20 orang dengan jam kerja selama 5 jam per hari. Proses pembijian sebaiknya tidak dilakukan saat brangkasan masih basah karena dapat menyebabkan biji memar dan kerusakan pada embrio biji.

Biji yang sudah rusak tidak bisa digunakan lagi sebagai benih. Pembijian sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah brangkasan sudah dirasa cukup untuk mencegah kenaikan kadar air kembali.

Pembersihan biji

Fungsi dari pembersihan biji adalah membuang semua kotoran yang masih menempel seperti tanah, kerikil, potongan batang, dan daun yang kemungkinan masih tercampur dengan biji. Pembersihan biji juga berperan penting untuk memudahkan proses sortasi atau pemilahan biji bernas yang akan dipakai sebagai benih. Proses pembersihan dapat dilakukan dengan sederhana, yakni hanya menampi biji kedelai dengan memanfaatkan arah angin yang ada.

Sortasi biji

Sortasi biji merupakan kegiatan lanjutan dari pembersihan biji. Tujuannya adalah untuk mendapatkan benih yang bersih dan berukuran seragam. Biji yang retak kulit, berwarna lain, berukuran terlalu kecil dan terlalu besar, kusam, dan tercampur gulma harus dibuang.

Baca Juga:  Penyebab Benih Jagung yang Ditanam Tidak Tumbuh

Penyimpanan benih

Penyimpanan merupakan proses terakhir dari proses pascapanen kacang kedelai. Lama penyimpanan benih bergantung pada kebutuhan. Penyimpanan dapat dilakukan dengan memasukkan kacang ke karung plastik atau dalam bentuk curah yang dihamparkan di gudang penyimpanan. Jika biji akan dijual, sebaiknya simpan biji dalam karung.

Loading...
Loading...