Teknik Pembesaran Lele di Bak Kubangan

Pertanianku — Di pekarangan rumah kerap dijumpai kubangan air seperti comberan atau tempat limbah air. Jika dibiarkan begitu saja, dapat menimbulkan penyakit. Bak kubangan ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat pembesaran lele. Pembesaran lele di bak kubangan dilakukan dengan memanfaatkan limbah air yang sudah diendapkan.

lele di bak kubangan
foto: pertanianku

Pembesaran lele yang dilakukan pada bak comberan dengan air limbah harus memiliki minimal dua kubangan. Satu kubangan untuk mengendapkan air limbah dan kubangan lainnya untuk memelihara. Kolam pengendapan minimal berukuran 1 m × 1 m dengan kedalaman 1 m. Sementara, untuk kubangan tempat pemeliharaan minimal berukuran 2 m × 2 m dengan kedalaman 1 m.

Sebelum memanfaatkan kubangan tersebut menjadi kolam pemeliharaan, Anda harus menyiapkan lubang tersebut terlebih dahulu. Dalam buku Panen Lele di Berbagai Wadah tersaji beragam informasi mengenai tata cara beternak lele di berbagai jenis wadah, termasuk wadah kubangan dengan air limbah.

Loading...

Dinding kubangan yang digunakan untuk pengendapan ataupun pemeliharaan dapat didinding secara permanen dengan semen agar tidak bocor dan merembes ke tempat lain. Dinding tembok juga bisa dibuat lebih tinggi sampai 30 cm dari permukaan tanah untuk mencegah lele melompat keluar kubangan.

Jika dinding kubangan dilapisi semen, jangan lupa berikan pipa paralon untuk pelimpasan air jika luber pada saat hujan turun. Pada bak pengendapan sebaiknya berikan filter atau sekat penyaringan air, agar busa sabun yang dibawa oleh air limbah tidak masuk ke bak pemeliharaan lele.

Anda juga bisa menghubungkan antara kubangan penampungan dan kubangan pembesaran lele dengan pipa paralon yang dipasang pada ketinggian lebih kurang 70 cm dari dasar pengendapan. Pipa tersebut dilengkapi dengan saringan air yang masuk ke kubangan pembesaran lele sehingga air yang masuk hanya dari permukaan.

Baca Juga:  Ikan Air Tawar Ini Bisa Mendatangkan Keuntungan Meski Dipelihara di Kolam Terpal

Persiapan kubangan pembesaran lele hampir sama dengan pembuatan kolam lele di kolam tanah. Prosesnya meliputi pengangkatan lumpur hitam, pengeringan, perbaikan pematang dan saluran air, pengapuran, serta pemupukan dan pengisian air kolam.

Informasi lebih lengkap mengenai cara budidaya ikan lele sehat di bak kubangan bisa Anda dapatkan dalam buku Panen Lele di Berbagai Wadah. Kapan lagi mengubah kubangan yang tidak bernilai menjadi tempat yang berguna, setidaknya daging lelenya sehat untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Loading...
Loading...