Teknik Pembiakkan Anjing Chihuahua


Pertanianku – Bagi Anda yang menyukai anjing pasti Anda mengenal anjing yang satu ini. Anjing yan dapat dikatakan memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia, dialah anjing chihuahua. Anjing lucu dan sangat imut ini mempunyai kepala yang berbentuk buah apel dengan kuping yang besar dan indah. Asal-usul anjing ini masih diperdebatkan, kemungkinan yang paling besar anjing ini berasal dari Mexico atau Negara Amerika Utara. Chihuahua memiliki raut muka yang sedang mencurigai (saucy face) dan tergolong anjing yang mudah diatur.

Teknik Pembiakkan Anjing Chihuahua

Untuk membiakkan anjing chihuahua yang harus diperlukan adalah indukan jantan dan indukan betina masing-masing satu ekor dengan kualitas fisik mendekati standar atau kriteria FCI. Semakin mendekati standar maka anakan yang dihasilkan juga pasti lebih berkualitas. Usia indukan minimal 12 bulan atau satu tahun.

Untuk mempersiapkan proses perkawinan, tempatkan chihuahua jantan dan betina dalam satu kandang besi ukuran 100×50 cm. Chihuahua betina yang akan dikawinkan dipilih yang sedang menstruasi. Chihuahua betina akan mengalami masa menstruasi sebanyak 3 kali dalam 2 tahun. Waktu perkawinan yang paling tepat untuk perkawinan indukan betina dengan indukan jantan adalah hari ke-9 sampai hari ke-14 dihitung sejak hari pertama chihuahua betina menstruasi. Ciri chihuahua betina yang sedang menstruasi adalah vaginanya keras, membesar, dan agak bengkak serta mengeluarkan darah.

“Usahakan terjadi perkawinan selama dua kali, misalnya hari ini kemudian diulang lagi esok hari. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga. Misalnya saja perkawinan hari ini tidak berhasil, maka perkawinan hari berikutnya berpeluang untuk berhasil,” jelas Andre, salah seorang pemilik Lovebox Kennel.

Dihitung sejak hari pertama kawin, biasanya akan terjadi kehamilan yang bisa dilihat secara visual setelah sebulan kehamilan. Ciri chihuahua yang sedang hamil adalah perut agak membesar dan putingnya berwarna merah muda (pink). Setelah indukan chihuahua betina hamil tempatkan di kandang terpisah berukuran 100 x 50 cm untuk kapasitas 2 ekor indukan betina yang sedang hamil.

Baca Juga:  Trik Paling Mudah Membedakan Jenis Kelamin Burung Merpati

Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi keguguran karena terlalu banyak bermain dengan yang lain. Masa kehamilan tersebut berlangsung selama 60–63 hari hingga anjing ini siap melahirkan. Ciri anjing chihuahua yang akan melahirkan adalah gelisah, nafsu makan menurun, suka mengorek-ngorek tanah atau alas tidurnya, dan ekornya turun.

Jika bisa melahirkan secara normal, maka kelahiran chihuahua bisa dilakukan sendiri. Namun, jika tidak bisa melahirkan secara normal, chihuahua harus dicaesar di klinik hewan. Yang harus diketahui adalah anjing ini hanya dapat melakukan operasi caesar selama tiga kali. Jika lebih dari tiga kali, anjing tidak akan bisa hamil atau bisa hamil tetapi anak di dalam perut chihuahua tidak bisa hidup. Hal ini dikarenakan perut anjing yang sudah dibelah selama tiga kali secara otomatis akan merekat. Satu ekor indukan betina bisa melahirkan 1–4 ekor anak dan setiap 6–7 bulan sekali bisa melahirkan anakan lagi, namun rata-rata satu ekor indukan betina melahirkan 1 ekor anakan saja. Masa produktif indukan untuk dikawinkan sampai umur 6 tahun, sedangkan persentase kematian anakan anjing ini saat dilahirkan hingga siap dijual pada umur 3 bulan sekitar 30%.