Teknik Pencampuran Ransum Sapi

Pertanianku – Ransum terbaik untuk sapi yang digemukkan terdiri atas konsentrat dan hijauan. Pemberian hijauan dilakukan terpisah dengan pemberian konsentrat. Oleh karena itu, teknik pencampuran ransum yang akan dibahas adalah teknik pencampuran konsentrat.

Sapi perah FH_Pondok Ranggon_Febri_030512 (46)

Teknik pencampuran konsentrat dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga mekanis (mixer) dan manual. Teknik pencampuran konsentrat dengan menggunakan tenaga mekanis umumnya dilakukan oleh pabrik-pabrik pakan ternak. Sementara itu, pencampuran manual banyak dilakukan oleh para peternak untuk digunakan sendiri.

Loading...

Teknik pencampuran konsentrat yang paling baik akan menghasilkan campuran yang benar-benar homogen. Jenis ataupun bahan-bahan pakan yang diformulasikan dalam suatu formula konsentrat tidak akan sama jumlahnya. Mungkin saja jumlah mineral dalam formula konsentrat lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah bahan pakan lainnya.

Pencampuran bahan pakan secara manual memerlukan teknik tertentu agar dapat diperoleh campuran yang benar-benar homogen. Sebaliknya, pencampuran konsentrat dengan menggunakan tenaga mekanis untuk mencapai pencampuran yang homogen tidak mengalami masalah. Teknik pencampuran konsentrat secara manual dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah yang telah dibersihkan untuk tempat mencampur bahan-bahan pakan konsentrat.
  2. Siapkan bahan-bahan pakan yang akan digunakan untuk pencampuran konsentrat.
  3. Siapkan alat-alat yang akan digunakan untuk mencampur konsentrat, misalnya timbangan, sekop, dan ember.
  4. Timbang bahan pakan yang persentasenya paling banyak, lalu diletakkan pada tempat yang sudah disediakan. Kemudian, timbang bahan pakan yang persentasenya terbanyak kedua, lalu diletakkan pada tempat yang sudah disediakan. Begitu seterusnya sampai pada bahan yang paling sedikit atau yang terakhir.
  5. Bagi tumpukan bahan yang telah tersusun menjadi empat bagian. Masing-masing menjadi tumpukan-1, tumpukan-2, tumpukan-3, dan tumpukan-4.
  6. Setiap tumpukan diaduk hingga rata dan homogen.
  7. Tumpukan-1 dicampurkan dengan tumpukan-4, lalu diaduk lagi secara merata dan homogen.
  8. Tumpukan-2 dicampur dengan tumpukan-3, lalu diaduk lagi secara merata dan homogen.
  9. Campurkan kedua adukan tadi, lalu diaduk lagi secara merata dan homogen.
Baca Juga:  Vaksin Herbal untuk Ayam Buras

Pada waktu pencampuran konsentrat, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Kestabilan bahan pakan yang digunakan. Bahan pakan yang mengandung vitamin A apabila teroksidasi akan menjadi tidak aktif lagi. Penisilin jika terkena sinar matahari akan mengalami kerusakan.
  2. Jarak waktu pencampuran ransum dengan penggunaan. Jangansampai terjadi jarak yang terlalu lama antara waktu pencampuran ransum dengan penggunaannya. Nilai gizi pakan dalam kondisi penyimpanan yang kurang baik akan terus menurun sejalan dengan waktu penyimpanan.
  3. Peralatan yang digunakan untuk mencampur konsentrat harus terjamin kebersihannya.

 

Sumber: Buku Bisnis Penggemukan Sapi

 

Loading...
Loading...