Teknik Pengairan Tanaman Buah Naga yang Benar

Pertanianku Tanaman buah naga memerlukan pengairan secara rutin, meskipun pohon membutuhkan media tanah dalam kondisi kering. Pengairan tanaman buah naga berfungsi untuk mencegah kerusakan sistem perakaran tanaman akibat perubahan suhu tanah dari tinggi ke suhu tanah rendah. Jika pengairan yang diberikan kurang, suhu akan semakin panas. Namun, pengairan terlalu berlebihan malah akan menyebabkan tanaman terserang penyakit.

tanaman buah naga
foto: Pertanianku

Air sangat diperlukan untuk memenuhi masa pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, media tanam yang dibutuhkan oleh buah naga ialah lempung berpasir dan berdebu agar sistem drainase dan aerasi tanah berjalan lancar.

Air berperan sebagai pembawa unsur hara dari dalam tanah ke seluruh bagian tanaman. Pohon buah naga lazimnya diberikan pengairan pada hari ke-10 setelah ditanam ke lahan atau disesuaikan dengan kondisi media tanam.

Media tanam yang sudah terlalu kering harus segera disiram. Penyiramannya tidak perlu terlalu banyak agar air tidak menggenangi media tanam. Air yang menggenang bisa menyebabkan tanaman terserang penyakit busuk batang.

Pengairan tanaman buah naga tidak boleh dilakukan di siang hari karena bisa menyebabkan perubahan warna menjadi sedikit menguning pada bagian cabang. Kondisi tersebut disebabkan oleh terjadinya pembusukan yang terjadi di pangkal batang.

Pembusukan sering terjadi pada tanaman yang masih berumur 1—2 bulan sejak tanam, sedangkan pada tanaman yang sudah dewasa atau masuk fase generatif jarang mengalami kejadian pembusukan pangkal batang. Hal ini karena sistem perakarannya sudah sedikit ke arah dalam sekitar 40—60 cm.

Pada fase vegetatif atau pertumbuhan, penyiraman dilakukan setiap 10—14 hari sekali. Waktu terbaik untuk penyiraman adalah pagi hari pukul 06:00 atau sore hari pukul 17:00.

Sementara itu, pada fase generatif, penyiraman dilakukan seminggu sekali hingga tanaman berumur enam bulan. Penyiraman berubah menjadi 5—7 hari sekali jika sudah masuk musim kemarau serta tanaman ditanam pada media yang bersifat porous dan beriklim kering.

Baca Juga:  Keuntungan Penyemaian Benih Lada di Cocopeat

Pengairan sudah mulai dikurangi menjadi dua minggu sekali ketika tanaman sedang mengalami pertumbuhan tunas baru yang ditandai dengan adanya kuncup bunga yang muncul. Pengairan dihentikan ketika buah sudah tumbuh seukuran kepalan tangan hingga buah menjadi tua.


loading...