Teknik Perawatan Kelinci Bunting yang Benar

Pertanianku— Induk kelinci yang sedang bunting perlu dirawat dengan benar agar induk tersebut mampu melahirkan anak-anak kelinci yang sehat dan kondisi kesehatannya tetap terjaga. Oleh karena itu, tindakan perawatan yang perlu diberikan pada induk kelinci bunting akan lebih intensif dari kelinci biasa. Berikut ini beberapa teknik perawatan yang perlu dilakukan untuk induk kelinci bunting.

kelinci bunting
foto: Pertanianku

Pakan

Saat bunting, induk kelinci membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari kelinci biasa. Oleh karena itu, pakan yang diberikan perlu ditingkatkan lagi dari segi kualitas ataupun kuantitas. Anda perlu menambahkan volume pakan hijauan dan konsentrat. Pakan konsentrat berfungsi mencukupi kebutuhan protein, vitamin, dan mineral untuk induk dan anak yang sedang dikandung.

Pakan konsentrat yang diberikan sebaiknya mengandung protein sebesar 16—20 persen, lemak 3—5,5 persen, serat kasar 14—20 persen, dan mineral 4,5—6,5 persen.

Setiap hari induk yang tengah bunting membutuhkan pakan hijauan sebanyak 1—2 kg hijauan dan 135—155 gram konsentrat.

Air minum

Sama seperti pakan, selama masa bunting, induk membutuhkan pasokan air minum yang lebih banyak. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pasokan air minum agar perkembangan janin di dalam induk serta kondisi kesehatan induk tidak terganggu. Induk kelinci yang mengalami kekurangan air akan memakan anak yang baru dilahirkan.

Suasana kandang

Induk yang sedang bunting menjadi lebih sensitif terhadap gangguan yang terjadi di dalam dan sekitar kandang. Anda perlu membuat kandang terasa nyaman bagi kelinci. Sirkulasi udara di dalam kandang harus berjalan baik agar kualitas udara bagus. Kondisi kandang yang buruk, gaduh, dan terlalu bising akan menyebabkan induk stres dan mengalami keguguran.

Sediakan peralatan untuk melahirkan

Baca Juga:  Trik Menyapih Anak Kelinci

Di alam bebas, induk kelinci akan mencari lubang di dalam tanah untuk digunakan sebagai sarang. Nah, kalau di kandang, Anda bisa mempersiapkan sebuah kotak yang dilapisi dengan rumput kering sebagai sarang untuk induk melahirkan. Induk kelinci secara alami akan mencabut bulu tubuhnya dan meletakkan di dalam sarang. Kebiasaan tersebut menjadi pertanda bahwa induk akan melahirkan.