Teknik Perbanyakan Tanaman Hias

Pertanianku — Salah satu cara untuk menambah koleksi tanaman hias adalah perbanyakan tanaman hias yang sangat mudah dilakukan dan tentunya jika berhasil akan menciptakan kepuasan tersendiri bagi Anda. Ada banyak teknik perbanyakan tanaman hias yang bisa Anda lakukan, baik secara generatif (melalui biji) atau vegetatif (melalui setek). Hal terpenting untuk diketahui saat ingin melakukan perbanyakan tanaman hias adalah  karakteristik.

perbanyakan tanaman hias
foto: pixabay

Setek

Penyetekan merupakan istilah dari pemisahan/pemotongan bagian tanaman yang kemudian distimulir membentuk akar. Cara ini sangat mudah dan tanaman baru yang tumbuh pun memiliki sifat yang sama seperti tanaman induk.

Loading...

Pilihlah batang yang sehat dan sudah muncul akar. Setelah dipotong, bagian potongan diolesi zat tumbuh bercampur desinfektan. Setelah itu, tanam bahan setek pada media tanam.

Cangkok

Cangkok merupakan proses perangsangan pertumbuhan akar pada batang tanaman induk sehingga menghasilkan tanaman baru yang memiliki sifat sama seperti induk. Pencangkokan dapat dilakukan pada tanaman berbatang kayu.

Perundukan

Perundukan dilakukan untuk tanaman merambat dan memiliki batang fleksibel. Namun, teknik perundukan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menumbuhkan akar baru.

Perundukan dilakukan dengan menempelkan batang yang sudah memiliki akar pada media tanam yang berbeda dari pohon induknya. Batang tersebut ditahan dengan kawat agar tetap menempel dan saat sudah tumbuh kuat, kawat tersebut dicabut dan pohon segera dipisahkan dari pohon induknya.

Pemecahan anakan

Perbanyakan ini umumnya dilakukan pada tanaman yang tumbuh merumpun dan groundcover. Waktu pelaksanaannya pun bergantung pada situasi sehingga bersifat insidensial, yakni pada saat akar dalam pot sudah penuh atau tumbuhan sudah tumbuh terlalu rapat.

Pemecahan anakan sangat mudah dilakukan, hanya memisahkan tanaman dengan pisau kecil atau golok jika tanaman terlalu besar. Bagian akar harus ikut terbawa pada masing-masing tanaman yang dipisahkan.

Baca Juga:  Cara Membuat Hidroponik di Pot, Cocok untuk Tanaman Hias di Meja Kerja

Biji

Perbanyakan biji dapat dilakukan secara alami atau melalui persemaian. Pelaksanaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menanam benih pada wadah yang sudah diisi media tanam berupa campuran humus dan sekam atau dengan komposisi yang lain.

Selanjutnya, wadah ditutup dengan plastik untuk menjaga kelembapannya dan diletakkan di tempat yang ternaungi. Dalam beberapa waktu, benih akan tumbuh dan berkecambah. Saat itu, benih sudah siap untuk dipindahkan.

Loading...
Loading...