Teknik Sederhana Budidaya Kunyit di Rumah


Pertanianku — Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai bumbu masak ataupun ramuan obat herbal. Melihat banyaknya fungsi kunyit ini, tentu tak akan rugi jika Anda mencoba untuk budidaya kunyit ini sendiri di rumah.

budidaya kunyit
Foto: Shutterstock

Tentu saja kepopuleran kunyit di antara warga memang tak lepas dari manfaat kunyit yang tak sedikit. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan kunyit sendiri di rumah, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda ikuti.

  1. Persiapan bibit

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mulai bertanam kunyit adalah menyiapkan bibit yang akan ditanam. Bibit kunyit diperoleh dengan cara memecahkan rimpang kunyit yang sehat. Anda dapat memotong rimpang ini sepanjang 3—7 cm agar masing-masing potongan memiliki paling tidak 3 mata tunas.

Bibit yang telah siap kemudian Anda semaikan hingga tumbuh tunas sepanjang 2—3 cm. Jika masih bingung, bagaimana cara menyiapkan benih ini, sebaiknya Anda langsung bertanya pada yang telah berpengalaman.

  1. Persiapan media tanam

Sambil menunggu benih siap ditanam, Anda dapat menyiapkan tempat untuk menanam. Jenis tanah yang baik untuk menanam kunyit adalah jenis tanah gembur yang banyak mengandung zat organik.

Untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah, Anda dapat memberikan pupuk kandang sebelum tanah ditanami. Setelah siap, tanah ini dapat Anda taruh pada pot, dan Anda dapat mulai menanam kunyit ini dengan masing-masing satu bibit untuk setiap potnya.

  1. Pemeliharaan tanaman

Untuk pemeliharaannya, Anda harus memastikan pot tidak tergenang karena terlalu banyak air akan membuat rimpang membusuk. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar tanaman kunyit mendapat sinar matahari minimal 5—7 jam setiap hari.

Baca Juga:  Teknik Sederhana Budidaya Bengkoang untuk Pemula