Teknik Sederhana Melatih Burung Kaso-kaso Jadi Gacor


Pertanianku Burung kaso-kaso merupakan salah satu burung kicau yang punya nada yang cukup menarik. Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 17 cm. Sisi badan atas burung kaso-kaso berwarna cokelat kemerahan. Mahkotanya berwarna merah serta sisi alisnya berwarna putih, kontras dengan garis hitam yang tidak tipis.

Burung kaso-kaso
Foto: Shutterstock

Pada bagian pipinya, terdapat warna putih sampai abu-abu, serta dada berwana putih bercoret hitam. Perutnya berwarna abu-abu yang tersapu warna cokelat kekuningan di bagian badan serta tunggirnya.

Burung kaso-kaso telah menyebar di Indonesia, khsusunya di lokasi barat Pulau Jawa. Bisa hidup di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi. Burung kaso-kaso umum hidup berpasangan atau berkelompok kecil di rerimbunan tumbuhan atau daerah semak belukar sehingga hanya kicauannya yang bisa terdengar.

Jika Anda ingin memeliharanya, pembuatan sarang bisa dibuat dengan bahan kasar seperti jerami atau rerumputan kering yang dibentuk seperti bola tak teratur.

Kaso-kaso betina akan bertelur banyak 2—5 butir dengan berwarna abu-abu pucat dan terdapat bintik-bintik berwarna merah gelap. Burung kaso-kaso memiliki nada kicauan yang bermacam-macam dengan volume nada yang pasti dan keras.

Perawatan burung kaso-kaso

Burung kaso-kaso merupakan tipe burung sikatan atau burung pemakan serangga. Tidak sama dengan tipe burung kicau lain yang membutuhkan perawatan spesifik, burung kaso-kaso malah tak membutuhkannya. Hanya saja, kalau perawatannya pas, burung kaso-kaso bakal benar-benar rajin berkicau dengan nada yang lantang.

Burung kaso-kaso termasuk juga tipe burung dari anggota Timaliidae yang spesiesnya benar-benar sulit dibedakan jenis kelaminnya. Untuk perawatan, burung kaso-kaso membutuhkan pakan penambahan dengan cara teratur berbentuk jangkrik, ulat hongkong, serta kroto.

Nah, berikut ini langkah merawat burung kaso-kaso dengan pemberian pakan secara teratur agar ia bisa gacor dengan indah.

  • Saat pagi hari sebelumnya burung dimandikan, berikan kroto sebanyak setengah sendok teh.
  • Kemudian berikan pakan berupa jangkrik sebanyak 3—4 ekor sesudah dimandikan
  • Selanjutnya, berikan pakan berupa ulat hongkong banyak 1—2 ekor.
  • Terakhir, berikan pakan berupa buah, lantaran kadangkala burung kaso-kaso menyukainya.
Baca Juga:  Terungkap! Kenapa Ayam Berkokok di Pagi Hari?

Burung kaso-kaso termasuk juga burung yang benar-benar aktif, Anda disarankan untuk membuat sarang yang mempunyai ukuran agak luas, dengan ukuran tenggeran ganda yang dapat disusun sejajar ataupun menyilang. Lakukan perawatan lainnya dengan senantiasa bersihkan kandang secara teratur agar burung terus sehat.