Teknik Tepat Budi Daya Kopi Robusta di Pekarangan Rumah


Pertanianku – Kopi robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Kopi robusta dapat tumbuh baik di ketinggian 400–700 m dpl, dengan temperatur 21–24°C dengan bulan kering 3–4 bulan secara berturut-turut dan 3–4 kali hujan kiriman. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.

Teknik Tepat Budi Daya Kopi Robusta di Pekarangan Rumah

Banyak masyarakat yang sudah paham mengenai fungsi kopi bagi kesehatan tubuh. Namun, manfaat dari kopi akan didapatkan jika mengonsumsinya dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

Salah satu kopi yang sering dibudidayakan adalah kopi robusta. Kopi jenis ini merupakan salah satu jenis kopi favorit yang banyak disukai orang di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan kopi arabika, robusta memerlukan lebih sedikit pestisida dalam pembudidayaannya. Namun, robusta memiliki kandungan kafein yang lebih banyak daripada jenis lainnya. Jika Anda berminat untuk budi daya kopi robusta, berikut tipsnya.

  1. Budi daya kopi robusta di rumah

Anda dapat mencoba membudidayakan kopi robusta di pekarangan rumah. Namun, tentu saja menanam kopi robusta di lahan rumahan memerlukan usaha yang berbeda dan lebih menantang tentunya bila dibandingkan proses penanaman pada lahan perbukitan atau perkebunan.

  1. Penumbuhan bibit kopi robusta

Hal utama yang menjadi tantangan dalam budi daya  kopi robusta adalah bagaimana Anda menumbuhkan bibit kopi robusta dengan sukses dan sempurna. Hal ini dikarenakan banyak sekali hambatan yang Anda akan alami dalam proses penanaman kopi robusta. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah semakin lama proses pemilahan bibit, akan semakin sedikit kemungkinan untuk membuat bibit kopi tersebut terkontaminasi wabah.

  1. Pemilihan bibit kopi robusta lahan rumah

Sebelum memulai budi daya kopi robusta, terlebih dahulu Anda harus melakukan pemilihan bibit yang nanti akan gunakan untuk budi daya kopi robusta. Cara yang paling mudah yang dapat dicoba dalam memilih bibit kopi robusta adalah dengan merendamnya di air. Cara ini juga diperlukan untuk memunculkan terlebih dahulu buntalan putih yang menunjang proses pertumbuhan kopi robusta terutama pada lahan rumah.

  1. Penanaman kopi robusta lahan rumah
Baca Juga:  Neraca Perdagangan Sektor Pertanian Tumbuh Hingga 70 Persen

Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas, saatnya untuk proses penanaman. Gunakan pot dengan diameter sekitar ½ inci sebagai media tanam. Setelah penanaman, Anda perlu menyiramnya dengan air dan menutup sementara pot tersebut atau dapat dibungkus plastik.

  1. Pemotongan bagian kopi robusta

Tahapan selanjutnya, tanaman perlu diberikan pupuk. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu mengenai pemotongan bagian dari kopi robusta yang dilakukan khususnya untuk memancing pertumbuhan kopi robusta untuk lebih baik.

  1. Perawatan kopi robusta lahan rumah

Selain pemupukan dan penyiraman, yang perlu dilakukan adalah menempatkan pot kopi tersebut berada di dekat jendela ataupun tempat lain yang dapat terjangkau sinar matahari. Jangan biarkan tanaman kopi Anda kekurangan sinar matahari karena akan mengakibatkan menghambat pertumbuhan kopi.

loading...
loading...