Teknik Tepat Budidaya Lobak Skala Industri


Pertanianku – Lobak adalah salah satu sayuran yang sehat jika dikonsumsi. Sebenarnya, sayuran ini berasal dari Cina, dan saat ini lobak telah menyebar ke seluruh dunia. Lobak termasuk jenis umbi-umbian dalam keluarga wortel, kentang, dan ubi. Hanya saja lobak mempunyai tekstur kulit yang mulus dengan daging buah berair cukup tinggi.

Teknik Tepat Budidaya Lobak Skala Industri

Lobak memiliki tekstur daging buah yang lembut dan sangat cocok digunakan sebagai sayuran ataupun lalapan karena rasanya yang segar dan sedikit manis. Dan tanaman ini juga bernilai ekonomis sangat tinggi.

Setelah melihat manfaat dan potensinya yang luar biasa, tertarikkah Anda untuk memulai bisnis budidaya lobak? Saat ini telah banyak petani mulai membudidayakan lobak karena lebih menguntungkan.

Penanaman

Untuk memulai budidaya lobak, bibit dapat diperoleh melalui bijinya langsung karena tanaman ini menghasilkan biji. Anda tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan biaya banyak untuk mengimpor bibitnya langsung dari Cina. Bibit atau bijinya dapat ditanam langsung tanpa ada proses penyemaian terlebih dahulu. Untuk ukuran pemakaiannya, 1 hektare membutuhkan 5 kg bibit lobak.

Pengolahan lahan

Proses pengolahan tanah dapat menggunakan alat sederhana seperti cangkul ataupun alat pertanian bermesin (traktor). Setelah tanah rata, pemberian pupuk kandang adalah hal yang dilakukan selanjutnya. Ketika semua persiapan dalam mengolah lahan selesai, atur jarak tanam dengan perhitungan 10 × 20 cm dengan alur dengan jarak 30 cm antara alur satu dan yang lain.

Penanaman dan perawatan bibit lobak

Penanaman biji lobak dilakukan dengan menaburkan biji secara tipis dan merata sepanjang alur yang telah dibuat sebelumnya. Setelah ditaburkan ke tanah, tutup bibit-bibit lobak tadi dengan tanah. Namun, tidak usah terlalu dalam atau tebal, cukup tipis saja.

Baca Juga:  Brokoli Bisa Sehatkan Usus Bahkan Cegah Kanker

Selang 4 hari, biji-biji akan bertumbuh. Memasuki umur 2—3 minggu, tanaman sudah siap disiangi dan mulai dibuat guludan di sepanjang barisan tanaman. Untuk membuat guludan, tinggikan permukaan tanah di sepanjang barisan tanaman.

Kegiatan memperjarang tanaman juga dapat dilakukan, yaitu dengan membuang tanaman yang kurang subur dan membiarkan tanaman yang subur. Pemberian pupuk buatan juga diperlukan agar tanaman lobak tumbuh dengan subur. Pemberian pupuk urea dan TSP dengan perbandingan 1 : 2 dengan jumlah 6 gram untuk tiap tanaman. Pupuk ditabur di bagian kanan dan kiri tanaman dengan jarak 5 cm dari tanaman.

Menanggulangi hama

Selain gangguan dari gulma atau tanaman pengganggu seperti rumput, hama dapat mengganggu pertumbuhan dan hasil dari proses pembudidayaan lobak. Untuk mengusir kutu daun yang mengganggu, pemberian insektisida seperti EC sebanyak 2,5% ampuh menghilangkan hama kutu ini.

loading...
loading...