Teknik Tepat Memindahkan Tanaman Agar Tidak Stres

Pertanianku – Pertumbuhan merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika menanam tanaman di pot. Kita harus mengganti pot tanaman ke wadah yang lebih besar bila tanaman yang kita punyai tumbuh kian besar dan akarnya juga sudah semakin banyak.

Teknik Tepat Memindahkan Tanaman Agar Tanaman Tidak Stres

Dalam melakukan pemindahan tanaman, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, seperti juga makhluk hidup lainnya, tanaman dapat juga mengalami stres. Berikut beberapa tahapan pemindahan tanaman agar tidak stres.

Loading...
  1. Sediakan pot dengan ukuran lebih besar

Langkah pertama adalah menyiapkan pot baru dengan ukuran yang lebih besar ketimbang ukuran pot sebelumnya. Sebaiknya, cari pot yang ukurannya 2 kali lebih besar untuk tanaman jenis buah supaya kita tidak perlu mengganti pot sesering mungkin.

  1. Masukkan media tanam ke pot baru

Tahap berikutnya adalah memasukkan media tanam ke pot baru dengan jumlah 1/3 volume ukuran pot. Sebaiknya, media tanam terbuat dari campuran tanah subur, sekam, dan pupuk dengan perbandingan 1:3:2.

  1. Cabut tanaman dari pot lama

Sesudah pot yang baru siap, langkah selanjutnya adalah cabut tanaman dari pot yang lama. Hal yang perlu diingat adalah kita jangan mencabut tanaman secara langsung supaya akarnya tidak terlukai. Cara yang tepat untuk mencabut tanaman tersebut adalah tepuk-tepuk permukaan pot dengan memakai tangan untuk mengeluarkan tanaman dari pot asal.

  1. Angkat tanaman perlahan

Angkat tanaman beserta tanah-tanahnya secara perlahan-lahan. Posisi tangan mesti berada di pangkal batang tanaman, bukan di ujung atau pucuknya.

  1. Masukkan tanaman ke pot baru

Masukkan tanaman ke pot baru yang telah terisi oleh 1/3 media tanam tadi. Tempatkan batang tanaman agar berada pas di tengah pot. Lalu, tambahkan media tanam di bagian pinggir dan atasnya sampai mencapai bibir pot.

  1. Siram tanaman
Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Langkah terakhir adalah menyiram tanaman dengan memakai siraman berair lembut. Jangan menggunakan selang dari keran air. Untuk langkah penyesuaian, jangan langsung menempatkan tanaman di tempat panas, tetapi letakkan di tempat teduh terlebih dahulu selama 5—7 hari. Tanaman akan bebas dari stres bila pemindahannya dilakukan secara benar.

Loading...
Loading...