Teknik Tepat Menanam Lidah Buaya Di Pekarangan Rumah

Pertanianku – Tanaman lidah buaya termasuk salah satu jenis tanaman yang sering ditanam di rumah-rumah. Bentuknya yang unik dianggap bisa mempercantik rumah, daun atau daging lidah buaya juga nikmat jika ingin dikonsumsi, serta tanaman ini juga bisa mengurangi polutan di rumah.

Teknik Tepat Menanam Lidah Buaya Di Pekarangan Rumah

Bagi Anda yang tertarik menanam lidah buaya di pekarangan atau menggunakan pot, Anda perlu memperhatikan cara perawatannya. Tanaman ini tidak bisa sembarangan dirawat agar tidak tetap segar dan tidak cepat mati.

Berikut ini ada empat tips yang tepat untuk menanam lidah buaya di rumah!\

  1. Gunakan tanah kering

Tanaman lidah buaya adalah jenis tumbuhan yang lebih cocok ditanam di tanah yang kering. Anda bisa mencampur media tanam dengan pasir dan batu apung. Lalu jangan lupa berikan pupuk untuk menyuburkannya.

  1. Siram secukupnya

Daun lidah buaya yang tebal menyimpan cadangan air untuk bertahan hidup. Sebaiknya, jangan menyiram tanaman ini dengan air yang berlebihan karena akan membuat daunnya cepat membusuk. Cukup siram seharu sekali atau jika tanahnya terlihat mulai kering.

  1. Sinar matahari cukup

Tanaman lidah buaya jangan ditanam di tempat yang terlalu panas atau pun terlalu lembap. Jika terlalu panas terkena matahari, maka daunnya cepat rusak. Jika di tempat terlalu lembap, maka daunnya bisa jadi membusuk.

  1. Pilih pot yang tepat

Jika menanam lidah buaya di dalam pot, maka pilih pot yang lebar dan dalam agar daun dan tunasnya bisa tumbuh tanpa terhambat. Selain itu, lidah buaya yang subur memiliki banyak tunas. Perhatikan panjang tunas, jangan melebihi 10 cm karena akan menyerap energi dari pohon induk.

Baca Juga:  Philodendron Xanadu, Tanaman Hias untuk Interior dan Landscape

loading...