Teknik Tepat Pemeliharaan Itik

Pertanianku – Program tata laksana pemeliharaan itik sampai umur 18 minggu merupakan kunci keberhasilan usaha produksi ternak itik petelur. Kesalahan dalam tata laksana, terutama pada formulasi ransum dan pemberian pakan dapat menyebabkan kurangnya nutrisi pada masa pertumbuhan.

Teknik Tepat Pemeliharaan ItikHal ini menyebabkan itik terlambat mencapai kedewasaan kelamin sehingga itik belum bertelur pada usia yang diharapkan. Demikian sebaliknya, bila dalam pemberian pakan nutrisinya berlebihan maka itik akan mengalami dewasa kelamin dini, bertelur lebih awal dari usia yang diharapkan. Kondisi ini menyebabkan masa bertelurnya lebih pendek. Demikian juga pada tata laksanakesehatan dan kebersihan kandang serta upaya pencegahan penyakit harus juga diperhatikan agar tidak ada gangguan dalam pertumbuhan itik.

Peternak harus mempunyai keterampilan dalam pemeliharaanitik. Peternak sebaiknya selalu memperhatikan tingkah laku itik dan  setiap gejala yang menyimpang agar segera mencari penyebabnya untuk mendapatkan pemecahan secepatnya. Setiap perkembangan tingkah laku, dan tampilan itik pada masa pertumbuhan harus selalu diamati dengan cermat, terutama anak itik umur 1 hari sampai 2 minggu karena anak itik masih dalam taraf penyesuaian dengan lingkungannya.

Loading...

Pengamatan terutama dilakukan bersamaan dengan pemberian pakan. Caranya dengan mencermati nafsu makan itik, apakah ada yang kalah bersaing? Apakah perlu ditambah tempat pakan dan minum? Apakah perlu anak itik tertentu dipelihara khusus? Bagaimana kondisi lantai kandang, terutama ruang istirahat/tidur?

Masa pertumbuhan itik berkaitan erat dengan berat badan. Oleh karena itu, perhatian pada masa pertumbuhan dititikberatkan pada pertambahan berat badannya. Bila anak itik pada umur tertentu belum mencapai berat badan normal, segara lakukan tindakan untuk mengatasinya. Beberapa alternatif untuk mengatasinya antara lain dengan menambah jumlah pakan, menambah tempat pakan, menambah luas kandang, memperbaiki kondisi kandang, atau melakukan pemeliharaan khusus. Begitu pula sebaliknya, bila berat badan anak itik melampaui berat normal, perlu dilakukan pembatasan pemberian pakan. Dengan demikian, diharapkan dapat menekan angka kematian dan menghasilkan itik baya (siap telur) yang baik dengan produksi telur yang tinggi. Perkembangan itik dibagi menjadi tiga fase yaitu sebagai berikut.

  1. Fase starter, itik umur 1—4 minggu.
  2. Fase grower, itik umur 5—18 minggu.
  3. Fase layer, itik umur > 18 minggu.
Baca Juga:  Manfaat Beternak Sapi di Dekat Kebun Sawit
Loading...
Loading...