Teknik Unik Budidaya Tanaman Ala Komunitas Halaman Organik


Pertanianku – Maraknya acara di televisi luar negeri yang menayangkan program memasak memicu sebagian orang menanam tanaman bumbu asal mancanegara, seperti mint, rosemary, basil, dan sebagainya.

Teknik Unik Budidaya Tanaman Ala Komunitas Halaman Organik

Biasanya, orang akan menanam tanaman tersebut dalam pot kecil atau tempat lain yang sejenis, seperti kotak bekas minuman atau gelas plastik bekas kopi, dan meletakkannya di jendela dekat dapur. Bibitnya bisa didapat secara online atau titip kepada teman yang kebetulan pergi di luar negeri.

Namun, terdapat kendala dalam membudidayakan tanaman bumbu dapur ini. Udara, kelembapan, air, dan tanah menjadi salah satu kendala yang dihadapi. “Banyak hal yang menyebabkan tanaman  tersebut tidak tumbuh, mengingat asalnya memang bukan dari Indonesia,” jelas Donor Rahayu, wanita yang bersama dengan suaminya membentuk Komunitas Halaman Organik.

Biasanya, karena udara di negara asalnya cenderung kering dan dingin, tanaman tersebut tidak diperbolehkan terlalu terkena sinar matahari langsung dan air terlalu banyak. “Kita memiliki kecenderungan untuk memberi banyak air ketika tanaman dalam masa pertumbuhan awal, karena takut tanaman kering. Padahal, air yang terlalu banyak bisa menyebabkan bibit busuk dan mati,” ungkap Donor.

Ketika bibit berhasil tumbuh, perjuangan belum selesai, karena tanaman tetap harus dijaga agar tidak kering dan mati. Donor menyarankan untuk memakai semprotan untuk memberikan air, tidak menuang air langsung ke dalam pot.

Lanjut Donor, pengamatan memegang peranan yang penting dalam membudidayakan tanaman asing ini. Bisa saja, satu tanaman tidak cocok dengan tanah yang menjadi lokasi tumbuh, karena kondisi keasaman yang berbeda, walaupun ada di satu kota yang sama. Hal inilah yang menyebabkan bibit yang sama bisa memberikan hasil yang berbeda meskipun ditanam di kota yang sama.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik

Kondisi tanah bisa diakali dengan peranan beberapa bahan kimia. Namun, karena Donor memegang prinsip bercocok tanam secara organik, maka hal ini tidak disarankan. Dia berpendapat, tanaman harus tumbuh sesuai dengan kondisi tanahnya. Jika memang bukan habitatnya, tidak usah terlalu dipaksa karena hasilnya tidak akan maksimal.

loading...
loading...