Teknis Pemupukan Kolam Patin

Pertanianku – Pemupukan berguna untuk menyediakanmedia tempat tumbuh pakan alami dan unsur hara bagi plankton yang menjadi  sumber pakan alami bagi ikan patin, terutama pada stadia benih. Ketersediaan pakan alami sangat penting dan dibutuhkan benih ikan di tahap awal penebaran. Oleh karena itu, pemupukan pada tahap persiapan kolam menjadi sangat penting. Tujuan lain dari pemupukan adalah memperbaiki struktur tanah dan menghambat peresapan air pada tanah-tanah yang bersifat porous (tidak kedap air).

Teknis Pemupukan Kolam Patin

Ada 2 jenis pupuk yang dapat digunakan, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik adalah jenis pupuk yang berasal dari hewan atau tumbuhan. Pupuk organik yang umum digunakan adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam, kotoran puyuh, kotoran sapi, kotoran kambing, dan kotoran kerbau. Sementara itu, pupuk anorganik (buatan) merupakan pupuk yang dibuat dengan komposisi bahanbahan kimia yang dibuat oleh manusia di pabrik pupuk. Pupuk buatan yang biasa digunakan adalah pupuk nitrogen (urea dan ZA) serta pupuk phospor (TSP).

Loading...

Pupuk yang sering digunakan terdiri dari kotoran ternak besar (sapi, domba,atau kerbau) dengan dosis 150 g/m2, kotoran ternak unggas (ayam, itik, atau burung puyuh) sebanyak 250—500 g/m2, pupuk urea 20—50 g/m2, dan TSP 10—25 g/m2. Dosis tersebut tidak mutlak, tetapi dapat disesuaikan dengan kondisi atau kesuburan kolam. Sementara itu, khusus pupuk organik (kandang), sebaiknya menggunakan pupuk yang sudah jadi (masak) dan kering. Dibandingkan dengan pupuk anorganik, kandungan nutrien pada pupuk organik lebih komplit. Di samping itu, pupuk organik harganya murah dan banyak tersedia.

Pupuk yang umum digunakan untuk kolam pendederan dan pembesaran ikan patin adalah pupuk organik berupa kotoran ayam. Hal ini karena kotoran ayam mempunyai unsur hara yang relatif lebih tinggi dibanding kotoran hewan lainnya. Pemberian pupuk kandang dapat dilakukan dengan cara disebar pada dasar kolam maupun dionggokkan di beberapa tepi kolam dengan menggunakan karung. Untuk pupuk TSP dan urea, pupuk diberikan dengan cara disebar pada dasar kolam.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Pembenihan Ikan Lele

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Agribisnis Patin

Loading...
Loading...