Teknis Perawatan Rumah Walet

Pertanianku – Perawatan rumah walet bertujuan untuk menghindarkan walet merasa tidak nyaman sehingga kabur dan mencari  rumah lain. Untuk menjaga walet tetap ada dan menghuni rumah harus memahami sifat-sifat walet. Misalnya, walet yang suka hidup berkoloni. Berdasarkan sifat ini, walet akan merasa nyaman apabila mendengar suara-suara koloninya. Cara ini bisa dilakukan dengan memutar kaset atau CD suara walet.

Perawatan Rumah Walet

Hal lain yang dapat dilakukan yaitu selalu menghadirkan dan mempertahankan bau khas walet dengan cara menyemprot PW cair atau menaburkan kotoran walet atau seriti. Kotoran walet yang sudah menumpuk terlalu lama segera dibersihkan karena dapat menimbulkan bau (gas amonia) dan sebagai tempat bersarangnya hama. Ketersediaan pakan juga mempengaruhi walet untuk tetap tinggal dan menetap di rumah. Pakan yang disukai walet yaitu serangga. Kondisi rumah harus tetap seperti goa, tempat yang disukai oleh walet. Kondisi ini tercipta dengan lingkungan yang tenang, lembap (80—95%), menjaga suhu berkisar 26—29o C, berkamar-kamar, dan gelap.

Loading...

Agar walet mau membuat sarangnya di sirip, sebaiknya sirip dibersihkan dari debu dan kotoran lainnya. Gangguangangguan seperti suara bising, adanya asap, ataupun gangguan hama harus diperhatikan. Hal terakhir untuk merawat rumah yaitu dengan penjadwalan atau sistem pemanenan yang tepat agar proses regenerasi walet terus berjalan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

Baca Juga:  Langkah Mudah Memilih Telur Tetas yang Baik
Loading...
Loading...