Telur Ayam Mahal? Ganti Kebutuhan Protein dengan Makanan Ini


Pertanianku — Saat ini, harga telur ayam di pasar sudah mencapai Rp30.000 per kilogram. Harga telur ayam mahal, secara otomatis akan menambah pengeluaran uang belanja Anda. Oleh karena itu, agar nutrisi keluarga tetap tercukupi tanpa menambah uang belanja, Anda bisa menyiasatinya dengan alternatif lain.

telur ayam mahal
Foto: Shutterstock

Untuk lebih menghemat, Anda dapat mengonsumsi bahan makanan lain yang kandungan nutrisinya setara dengan telur ayam, namun harganya lebih murah. Misalnya, mengonsumsi sumber protein nabati, tempe dan tahu. Kedua bahan makanan ini memiliki harga yang ekonomis.

Ratusan penelitian telah banyak membuktikan bahwa tempe merupakan salah satu pangan bergizi dan bagian dari diet sehat. Tempe dapat digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan gizi, tempe juga terbukti dapat mencegah dan mengatasi diare, serta dapat juga mengobati penyakit seperti hiperkolesterol dan hiperglikimia.

Kandungan nutrisi 100 gram tempe murni mengandung energi sebesar 201 Kkal, 20,8 gram protein, 8,8 gram lemak, 13,5 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, dan 4 miligram zat besi. Sementara untuk 100 gr tahu, mengandung energi sebanyak 80 Kkal, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak, 0,8 gram karbohidrat, 0,1 gram serat, dan 3,4 gram zat besi.

Kandungan nutrisi pada tempe cukup lengkap. Oleh karena itu, perlu diciptakan persepsi yang lebih baik tentang tempe. Pasalnya, masyarakat seringkali berpikiran negatif selama ini. Padahal, tempe merupakan makanan tradisional yang bergizi, kaya manfaat, dan membanggakan.

Dalam pengolahannya, tempe dan tahu tak harus selalu digoreng. Anda juga dapat mengolahnya menjadi opor, tumis, hingga perkedel. Untuk itu, diperlukan kreativitas agar Anda tak cepat bosan. Kini, ada banyak resep masakan yang bisa menjadi referensi Anda.

Baca Juga:  Kenalkan Biosoy 1 dan 2, Varietas Unggul Baru Kacang Kedelai
loading...
loading...