Telur Berwarna Cokelat dan Putih, Mana yang Lebih Sehat?


Pertanianku – Jika kita berbicara telur unggas, telur sendiri terdiri atas warna cokelat dan putih. Banyak orang percaya, telur yang lebih cokelat lebih sehat dan lebih bergizi daripada telur dengan cangkang berwarna lebih putih.

Foto: pixabay

Lantas, benarkah telur yang berwarna lebih cokelat memiliki lebih banyak nutrisi? Apakah telur dengan warna ini cenderung tidak terkontaminasi bakteri? Apakah warna cangkang memengaruhi rasanya? Atau, apakah telur tersebut lebih alami?

Untuk itu, Anda wajib mengetahuinya. Berikut ini sejumlah perbedan antara telur yang warna cangkangnya cokelat dan putih seperti dilansir dari Times of India.

  1. Kuning dari telur berwarna lebih cokelat lebih gelap dan pekat

Warna kuning pada telur yang berwarna lebih cokelat lebih gelap karena ayam betina diberi makan banyak jagung pada saat berkembang biak.

  1. Telur yang lebih cokelat biasanya lebih mahal dibanding telur yang sedikit putih

Telur cokelat berasal dari ayam yang memiliki nafsu makan besar, dan ukurannya juga lebih besar. Ayam ini makan lebih banyak, dan karenanya mahal untuk dikonsumsi. Ini menjelaskan mengapa telur putih lebih murah daripada yang telur yang berwarna lebih cokelat.

  1. Telur cokelat memiliki lebih banyak asam lemak Omega-3

Dari segi nilai gizi, telur yang lebih cokelat merupakan pilihan yang lebih baik daripada telur yang agak putih. Telur jenis ini memiliki lebih banyak asam lemak Omega-3 dibandingkan dengan telur putih.

  1. Keduanya memiliki rasa yang berbeda

Cokelat dan telur putih rasanya berbeda. Kualitas dan rasa telur tergantung pada jenis makanan yang diumpankan ke ayam.

  1. Putih telurnya lebih banyak

Di dalam telur yang berwarna lebih putih, akan terdapat lebih banyak putih telur karena cara perkembangbiakan ayam berbeda.

Baca Juga:  Manfaat Wortel Tak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Lainnya!
loading...
loading...