Telusuri Kelemahan dan Keunggulan Karet Alam

Pertanianku — Dalam dunia industri, dikenal dua jenis karet yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku. Dua jenis tersebut adalah karet alam dan karet sintesis. Semakin lama, penggunaan karet sintesis semakin diminati. Namun, keunggulan karet alam juga tak tergantikan.

keunggulan karet alam
Foto: freepik

Penggunaan karet sintesis diminati karena beberapa kelebihan. Karet sintesis lebih stabil ketimbang karet alam dari pengaruh berbagai zat kimia. Selain itu, harganya juga lebih stabil. Saat pengadaan barang, ketersediaan karet sintesis juga selalu ada dan mudah saat suplai barang. Tak heran bila kini produksi karet alam jauh di bawah karet sintesis.

Meskipun demikian, karet alam masih memiliki banyak keunggulan dibanding karet sintesis. Keunggulan karet alam tidak bisa ditandingi dalam beberapa bidang. Salah satunya, karet alam memiliki daya elastis atau daya lenting yang sempurna.

Selain itu, karet alam memiliki plastisitas yang baik. Hal ini menyebabkan pengolahan karet alam lebih mudah sehingga lebih diminati. Karet alam juga memiliki daya aus yang lebih tinggi ketimbang karet sintesis.

Karet alam juga tidak mudah panas atau dikenal dengan istilah low heat build up. Keunggulan karet alam lainnya adalah memiliki daya tahan yang tinggi terhadap keretakan atau groove cracking resistance.

Sayangnya, karet alam sangat tidak stabil, baik dari segi harga maupun ketersediaannya. Harga yang tidak stabil ini menjadi salah satu alasan utama mengapa karet mengalami penurunan peminat, baik dari segi pengadaan perkebunan maupun penggunaannya dalam industri. Harga karet ini juga dipengaruhi oleh peraturan yang dikeluarkan oleh negara tujuan ekspor yang dipengaruhi oleh tujuan politik dan usaha perkaretan.

Meskipun demikian, karet alam tetaplah jenis karet terbaik, baik dari segi kimia maupun segi bisnisnya. Beberapa industri tertentu tetap bergantung pada persediaan karet alam. Jadi, pasar karet alam tetap terbuka lebar bila Anda ingin memulai berbisnis kayu alam.

Baca Juga:  Varietas Unggul Baru Cengkih Siantan Agribun Asal Anambas

Salah satu jenis industri yang banyak menggunakan karet alam adalah industri ban. Saat ini, indsutri ban merupakan pengguna terbesar karet alam di dunia. Beberapa jenis ban, misalnya ban radial, menggunakan campuran karet alam dan karet sintesis dalam pembuatannya. Namun, komposisi pembuatannya masih lebih besar karet alam.

Anda dapat memulai berbisnis karet dengan membaca Panduan Lengkap Karet yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Di dalamnya, Anda dapat mengetahui seluk beluk dunia karet yang patut dikuasai.


loading...