Tembakau Jadi Vaksin Kanker


Pertanianku – Tanaman tembakau dikenal sebagai bahan baku pembuatan rokok ini ternyata juga memiliki manfaat lain. Tanaman yang memiliki aroma khas ini dipercaya dapat menjadi obat penyakit kanker dan memberikan harapan kesembuhan bagi para penderita kanker lymphoma kronis.

Foto: pixabay

Lymphoma adalah sejenis kanker yang dapat melumpuhkan sel-sel sistem kekebalan.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tembakau dapat menjadi bahan baku membuat vaksin kanker tersebut. Vaksin ini akan memberi reaksi kekebalan pada pasien untuk memerangi sel-sel kanker yang ada pada tubuh penderita kanker.

Vaksin tersebut dibuat secara khusus dengan menggunakan pendekatan baru, yang mengubah gen tanaman tembakau yang direkayasa menjadi bahan baku vaksin.

“Ini untuk pertama kali tanaman digunakan untuk menghasilkan protein dan disuntikkan pada manusia. Ini akan menjadi cara mengobati kanker tanpa dampak negatif,” ungkap Dr. Ron Levy dari Stanford University School of Medicina di California.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini dilakukan dengan menggurat daun tembakau dengan virus yang dibalut gen untuk menulari tanaman tersebut.

Daun itu dipetik beberapa hari, kemudian ditumbuk menjadi bubuk hijau. Dari daun itu, antibodi diambil dan dijernihkan. Selanjutnya, disuntikkan kembali ke tubuh pasien. Daun itu kemudian menghasilkan protein antibodi seperti yang ada di dalam tumor pasien.

“Teknologi ini lebih cepat aplikasinya, dan uniknya masing-masing tanaman dapat membuat vaksin manusia yang berbeda,” lanjut Levy.

Lebih lanjut Levy menambahkan, vaksin yang berasal dari tanaman memiliki sejumlah keunggulan. Vaksin tersebut dapat dikembangkan jauh lebih cepat dan lebih murah. Vaksin itu tidak berisiko infeksi seperti vaksin yang bersumber dari sel-sel hewan.

Baca Juga:  Pria Ini Temukan Obat HIV dari Molekul Hawar Daun
loading...
loading...