Kriteria Tempat Makan dan Minum Kucing


Pertanianku – Tempat menaruh pakan dan minuman harus ada di setiap kandang. Wadah tersebut bisa dibeli di pet shop. Wadah pakan ukurannya haruslah besar, meskipun pakan tidak diisi penuh untuk sekali makan. Diameternya sekitar 12—15 cm dan tidak datar agar pakan tidak bercecer ke mana-mana. Jangan gunakan tempat makan lebih besar dari ukuran tersebut. Mangkuk untuk wadah pakan dapat terbuat dari stainless steel, fiberglass, atau plastik. Ukurannya tergantung jenis dan umurnya.

tempat makan kucing

Tempat minum sebaiknya lebih besar dari tempat makannya. Hal ini disebabkan minuman harus selalu tersedia setiap saat. Tempat minumnya dapat berbentuk mangkuk, tetapi bentuknya tidak sama dengan mangkuk pakan. Mangkuk minum untuk kucing persia bentuknya agak dangkal agar mudah dijangkau mulut yang rata dengan hidungnya yang pesek. Letakkan wadah minum ini di lokasi aman. Tujuannya agar tidak membasahi lantai jika tumpah. Kini, ada tabung yang dilengkapi nipple yang dirancang khusus untuk alat minum kucing persia. Selain praktis, alat ini tidak membasahi bulu di sekitar mulutnya. Ketika mulut kucing menyentuh nipple, air akan keluar dan masuk ke mulutnya.

Kucing memiliki kebiasaan menggaruk dan memasukkan cakarnya ke dalam pakan dan minumannya. Jika menggunakan tempat minum yang otomatis atau dijilat sendiri, ada kemungkinan kucing akan menggarukgaruknya hingga bisa merusaknya. Oleh karena itu, penggunaan mangkuk masih lebih baik meski setiap saat harus selalu mengecek ketersediaan air minumnya.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

Baca Juga:  Tips Rahasia Budidaya Murai Batu untuk Pemula