Tempat Minum Kelinci yang Bagus

Pertanianku — Tempat minum menjadi salah satu kebutuhan yang harus disiapkan di dalam kandang. Meskipun tidak terlalu krusial, pemilihan tempat minum tidak boleh asal-asalan. Pemilihan tempat minum kelinci yang tepat dapat memudahkan Anda selama masa pemeliharaan. Wadah air minum yang digunakan bisa diletakkan di dalam kandang ataupun di luar kandang seperti tempat pakan.

tempat minum kelinci
foto: Pertanianku

Tempat minum kelinci sebaiknya berupa tempat yang rata, lebar, dan bisa memuat air dalam jumlah yang banyak agar tidak mudah tumpah dan jebol. Anda bisa menggunakan wadah dari batok kelapa sebagai tempat minum yang tidak mudah tumpah.

Jenis tempat minum yang saat ini sering digunakan adalah drinking bottle. Botol ini diletakkan di luar kandang dengan pipa yang menjulur ke dalam. Nantinya, kelinci akan menjilati pipa tersebut untuk mengeluarkan air minum. Tempat minum ini sebaiknya diletakkan pada ketinggian sekitar 20 cm agar anak kelinci serta kelinci dewasa dapat menjangkaunya. Dengan begitu, tidak ada kelinci yang kehausan karena sulit menjangkau.

Dewasa ini perkembangan tempat minum kelinci semakin canggih karena bisa diatur secara otomatis. Kebutuhan air minum kelinci diatur oleh pelampung atau klep yang membatasi keluarnya air jika tempat minum sudah penuh.

Bagian botol yang berfungsi sebagai tempat penampung air diletakkan di luar kandang. Sementara itu, ada jalur khusus yang menyerupai pipa sebagai wadah tempat air minum bagi kelinci yang dibuat masuk ke kandang. Nantinya, kelinci tersebut akan minum dari wadah pipa tersebut. Jika air pada pipa tersebut sudah habis, air akan terisi kembali hingga penuh secara otomatis.

Tempat minum yang diletakkan di dalam kandang sebaiknya terbuat dari bahan kaca, porselen, logam plastik, atau keramik yang berbentuk seperti mangkuk. Wadah yang berbentuk seperti mangkuk dapat memudahkan kelinci untuk menjangkau air minum karena bentuknya sesuai dengan mulut kelinci dan mudah dibersihkan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Burung Kenari yang Banyak Dijual di Pasar

Sementara itu, untuk tempat minum yang diletakkan di luar sebaiknya tempat minum tersebut berbentuk botol atau hopper. Wadah tersebut harus diusahakan tidak mudah terjatuh dan mudah dibersihkan.