Temukan Pangan Lokal Terbaik di GPN 2018


Pertanianku — Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menyelenggarakan Gelar Pangan Nusantara (GPN). Anda bisa menemukan pangan lokal terbaik pada gelaran yang dilaksanakan untuk ketiga kalinya itu.

Pangan lokal terbaik
Foto: Google Image

Gelar Pangan Nusantara 2018 berlangsung selama 3 hari, yaitu pada 27—28 Juli mendatang dengan tema “Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global”.

Bukan sekadar gelar pangan biasa, Gelar Pangan Nusantara juga menjadi ajang untuk menunjukkan kekuatan aneka ragam pangan segar dan olahan berbahan baku lokal dari seluruh penjuru nusantara.

Gelaran yang akan dilaksanakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta ini melibatkan semua kalangan dan instansi ketahanan pangan dari 34 provinsi dan seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Selain itu, melibatkan pula pelaku usaha, pemerhati pangan lokal, dan swasta yang turut mendukung pengembangan pangan lokal.

Gelar Pangan Nusantara tidak hanya bertujuan mengangkat eksistensi pengembangan pangan lokal sehingga mampu bersaing dengan produk pangan lainnya secara komersial. Akan tetapi, juga sebagai upaya meningkatkan komitmen pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam mendukung pengembangan industri pangan lokal. Terutama konsumen dan industri pangan, demi meningkatkan pemasarannya, baik di dalam mapun luar negeri.

Di tengah banyaknya serbuan pangan dari luar, keberadaan Gelar Pangan Nusantara menjadi sangat penting sebagai salah satu sarana dan bentuk media untuk memperkenalkan produk pangan lokal kepada masyarakat.

Adapun agenda kegiatan Gelar Pangan Nusantara 2018 di antaranya pameran, talk show, presentasi produk, bazar bahan pangan murah oleh Toko Tani Indonesia, wisata edukasi, aneka lomba, serta hiburan dan door prize.

Baca Juga:  Kementan Kenalkan Pangan Lokal Energi Demi Misi Jadi Lumbung Pangan Dunia