Terjangkaunya Biaya Membuat Hidroponik


Pertanianku – Kini hidroponik berkembang menjadi teknik budidaya tanaman yang sederhana dan mudah. Hidroponik menjadi kegiatan yang menarik, mengasyikkan, dan menyenangkan. Juga menyehatkan, terlebih sayuran yang dipetik dalam kondisi segar dan bebas pestisida.Apalagi kelebihan teknik ini bersih, tidak ada tanah becek, lumpur, kotor, dan bau. Ini bisa dijadikan hobi, bisa diurus sendiri di sela-sela kesibukan bekerja atau aktivitas rutin lain. Dan tidak perlu berpanaspanas di bawah terik matahari.

Hidroponik Biaya Terjangka

Dengan hidroponik portabel ini siapa pun bisa bercocok tanam di rumah. Dengan kreativitas, berbagai macam model hidroponik portabel dapat dirakit sendiri. Anda bisa membeli starterkit—satu paket instalasi hidroponik. Atau membeli alat dan bahannya, lalu membuat dan merakit sendiri. Toh, alat dan bahan yang dibutuhkan mudah diperoleh di toko bangunan setempat. Contohnya, pipa PVC 3 inci, pipa PVC 1 inci, talang air, knee, dan selang plastik.

Pompa air dapat memanfaatkan pompa akuarium ikan hias, sedangkan boks (container box) dapat dibeli di toko plastik. Toh, bila tidak ada boks dapat memanfaatkan ember plastik baru atau bekas wadah cat. Media tanam, tray, dan netpot dapat dibeli di toko tanaman. Untuk membuatnya diperlukan peralatan, seperti penggaris, pensil, cutter, gergaji, dan gunting. Berbagai model rakitan hidroponik portabel, Anda bisa membuatnya sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Sistem sumbu (wick system) dan sistem terapung (floating system)—dua teknik hidroponik yang paling sederhana dapat dicoba untuk pemula.

Setelah itu mencoba sistem lain, seperti NFT, drip irrigation, DFT, dan aeroponik. Atau membuat instalasi sendiri yang memadukan beberapa sistem, semisal two in one—perpaduan drip irrigation dan NFT. Ukuran instalasi hidroponik portabel ini dapat disesuaikan dengan luas lokasi yang Anda miliki di rumah. Sebagai gambaran, boks berukuran 50 cm x 30 cm x 20 cm dapat menanam 6 sayuran dengan memakai wick system. Instalasi ini cukup murah, harganya sekitar Rp100.000. Kini banyak penyedia yang menjual instalasi hidroponik portabel, terutama on line. Modelnya beragam dengan sistem hidroponik yang berbeda. Juga ukuran dan kapasitasnya, berisi puluhan lubang tanam yang ringkas dan cepat dirakit. Harganya berkisar Rp1—7 jutaan. Ukuran instalasi ini memungkinkan untuk ditempatkan di halaman. Dengan begitu akan lebih mudah memanen sendiri sayuran setiap hari.

Baca Juga:  Tips Menyimpan Mangga Agar Tidak Cepat Busuk

 

Sumber: Buku Hidroponik Portabel