Terlalu Banyak Konsumsi Buah Mangga, Ini Akibatnya!


Pertanianku – Mangga merupakan salah satu buah tropis kesukaan hampir sebagian besar orang Indonesia. Mengonsumsi buah-buahan memang akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah mangga. Namun, jika dikonsumsinya secara berlebihan, bukan manfaat yang Anda dapatkan melainkan kesusahan yang akan Anda dapatkan.

Meski rasa buah mangga nikmat, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, kebanyakan makan mangga pun bisa membahayakan kesehatan sebagaimana melansir boldsky.

Penyebab masalah pencernaan

Makan buah mangga secara berlebihan ternyata bisa membahayakan kesehatan pencernaan. Apalagi jika Anda kebanyakan mengonsumsi mangga mentah.

Bahaya mangga karbitan

Agar mangga cepat matang, beberapa pedagang mangga menggunakan kalsium karbida. Zat ini bisa menyebabkan masalah kesehatan dan berpotensi karsinogenik. Efek buruk dari mengonsumsi terlalu banyak mangga karbitan akan membuat tubuh kesemutan, mati rasa, dan mengalami serangan neuropati perifer.

Meningkatkan kadar gula darah

Rasa manis yang ada dalam mangga menandakan bahwa buah-buahan ini kaya akan gula buah atau fruktosa. Dan konsumsi mangga berlebihan bisa meningkatkan kadar gula darah dan lonjakan insulin yang tidak diinginkan oleh tubuh.

Menyebabkan iritasi

Getah mangga yang merembes keluar dari dalam buah mangga yang matang bersifat iritan dan bisa menyebabkan iritasi di tenggorokan. Anda bisa mengalaminya terutama jika Anda terlalu banyak makan mangga.

Nah, itu tadi efek samping mengonsumsi mangga terlalu banyak, bukan manfaat yang akan Anda dapatkan justru malah masalah kesehatan yang mengintai.

Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu
loading...
loading...