Termudah! Begini Cara Menanam Paprika dari Biji


Pertanianku — Paprika merupakan salah satu jenis buah yang dihasilkan oleh tanaman dengan nama yang sama, yaitu paprika. Cara menanam paprika merah sebenarnya bisa dilakukan siapa saja asalkan mau belajar karena bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Cara menanam paprika
Foto: Google Image30

Tanaman paprika berasal dari Amerika Selatan. Meskipun tanaman ini sebenarnya bukan tanaman asli daerah tropis seperti Indonesia, jenis tanaman ini juga cocok di iklim daerah tropis. Selain cocok ditanam di daerah tropis, sayuran buah ini juga dapat dimasak untuk dijadikan berbagai menu masakan seperti tumis, cah paprika, nasi goreng paprika, dan masih banyak menu lain.

Nah, bagi Anda yang mau bertanam buah paprika, Anda bisa mencoba dengan cara menanam buah paprika merah dari benih. Berikut ini step by step menanam buah paprika merah dari benih.

Penyemaian

Karena akan menanam dari benih, langkah pertama tentunya penyemaian benih. Untuk penyemaian, Anda disarankan untuk menggunakan rockwool sebagai media semai karena akan lebih mudah.

Caranya, basahi rockwool terlebih dahulu, kemudian tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembap. Selanjutnya, buat lubang tanam pada rockwool dan letakkan benih paprika pada lubang tanam tersebut. Tunggu 3—4 hari hingga pecah benih dan taruh persemaian di tempat yang terkena sinar matahari agar dapat tumbuh optimal.

Pindah tanam

Ciri-ciri tanaman siap untuk pindah tanam adalah ketika tanaman tersebut telah muncul daun sejati. Untuk langkah pindah tanam ini pun cukup mudah. Pertama, cukup siapkan polibag ukuran diameter minimal 20 cm, lalu isi dengan media tanam berupa sekam bakar yang ringan dan mudah menyerap air.

Buat lubang tanam pada sekam bakar tersebut, kemudian pindahkan tanaman yang siap pindah tanam ke lubang tanam yang telah dibuat tersebut bersamaan dengan rockwool-nya. Tutup kembali lubang tanam.

Baca Juga:  Pohon Kersen, Berbuah Mungil Tapi Besar Manfaatnya

Perawatan dan panen

Perawatan tanaman paprika yang ditanam dengan sistem guyurponik ini cukup mudah. Cukup lakukan secara rutin menyirami tanaman dengan larutan nutrisi hidroponik sayuran buah dengan kadar kepekatan 1.260—1.540 ppm. Usahakan untuk menyiram tanaman dengan larutan nutrisi tersebut minimal 2 kali sehari setiap pagi dan sore agar tanaman dapat tumbuh maksimal.

Awal mula, buah paprika berwarna hijau, kemudian akan berubah menjadi warna merah. Nah, pada saat itu Anda bisa memanen buah paprika merah yang ditanam.