Ternak Hamster, dari Hobi Jadi Sumber Duit

Pertanianku — Hamster terkenal sebagai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Tak heran, hingga saat ini masih banyak yang mencarinya untuk dijadikan hewan peliharaan. Hewan kesayangan ini tidak begitu sulit diternakkan. Anda bisa mencoba ternak hamster sendiri.

ternak hamster
foto: pertanianku

Ternak hamster dapat dilakukan di ruangan yang berada di dalam rumah. Anda tidak memerlukan tempat khusus untuk memulai usaha ini. Berikut ini langkah-langkah ternak hamster.

Persiapan kandang hamster

Kandang untuk ternak hamster bisa didapatkan di toko hewan atau petshop. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan baskom, kotak kayu, atau akuarium yang ditutup dengan kasa. Pada dasarnya, kandang hamster dapat terbuat dari apa saja, asalkan ukuran kandang memadai dan layak sehingga hamster nyaman berada di kandang.

Di dalam kandang diberikan alas berupa pasir dan serbuk kayu setebal 2–3 cm. Serbuk kayu berfungsi menghangatkan udara saat cuaca dingin, berguna untuk membuat sarang saat induk betina sedang bunting, menyerap kelembapan yang berasal dari air minum yang tumpah dan air kencing hamster, serta tempat meletakkan bayi yang baru lahir.

Sediakan kandang yang berbeda untuk tempat induk kawin dan melahirkan. Setelah induk hamster melahirkan, anak dan induk harus ditaruh di kandang yang berbeda, terlebih saat telah terjadi proses perkawinan. Induk betina yang sudah bunting harus ditaruh di kandang yang berbeda agar ia membangun sarangnya sendiri sembari menunggu proses kelahiran bayinya tanpa adanya gangguan.

Bayi hamster yang sudah lahir harus langsung ditaruh di kandang akuarium, jangan gunakan kandang kawat. Karena ukurannya yang kecil, bayi hamster bisa keluar kandang lewat sela kawat.

Peralatan kandang

Setelah kandang siap, Anda perlu melengkapinya dengan peralatan kandang seperti tempat minum dan pakan. Anda juga perlu menyiapkan permainan seperti roda berputar dan rumah sebagai tempat bermainnya.

Baca Juga:  Selain Pakan, Ini yang Memengaruhi Kualitas Susu Kambing

Pakan

Hamster memakan biji-bijian. Untuk hamster yang diternak perlu diberikan pakan biji bunga matahari, taoge, wortel, dan pakan konsentrat buatan pabrik. Jangan berikan hamster pakan sayuran berdaun dan bercita rasa pedas atau manis seperti cokelat.