Ternak Puyuh Cocok untuk Usaha Rumahan


Pertanianku — Anda sedang mengharapkan penghasilan tambahan? Mengapa Anda tidak mencoba untuk ternak puyuh petelur? Pasalnya, bidang usaha ini bisa dilakukan di sekitar rumah dan sangat cocok dijadikan usaha rumahan.

ternak puyuh
Foto: Pixabay7

Dulu, ternak puyuh memang kurang populer sehingga tidak banyak yang menjadikannya sebagai ladang usaha. Alasannya, ukuran tubuh dan telur puyuh terlalu kecil, cara hidupnya liar serta dianggap tidak dapat diternakkan. Bahkan, dianggap akan sangat merepotkan jika memelihara puyuh.

Namun demikian, setelah pemerintah mencanangkan puyuh sebagai salah satu ternak alternatif penunjang sumber protein hewani bagi masyarakat, barulah puyuh memiliki pamor yang tinggi.

Kelebihan dari burung yang telurnya bisa dikonsumsi ini, yaitu kemampuan tumbuh kembangnya yang sangat cepat. Bayangkan saja, dalam 41 hari, puyuh sudah mampu berproduksi dan dalam satu tahun dapat menghasilkan 3—4 keturunan.

Selain itu, puyuh memiliki hasil produksi yang lebih banyak dibanding hewan unggas lainnya. Produksi telur puyuh mencapai 250—300 butir per tahun selama 9—12 bulan dalam masa bertelur.

Selain untuk memenuhi kebutuhan protein Anda sendiri, beternak puyuh dapat dijadikan sebagai usaha yang sangat menguntungkan. Pemeliharaan burung puyuh sangat mudah, tidak memerlukan tenaga dan biaya yang besar.

Ternak puyuh juga tidak menyita banyak tempat, cepat berkembang biak, cita rasa telur yang dihasilkannya gurih dengan kadar gizi tinggi, kemudian bisa jadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Selain itu, dapat dijadikan sebagai usaha sambilan, dapat dikomersialkan pada skala besar dengan manajemen yang baik. Puyuh juga relatif tahan terhadap penyakit dan produksinya cukup tinggi.

Saat ini banyak yang menjadikan puyuh sebagai usaha sampingan. Sempitnya lahan sebenarnya bukanlah kendala yang signifikan. Sebab, dalam konsep intensifikasi dan modernifikasi usaha peternakan, lahan sempit bisa dioptimalkan sehingga mampu menghasilkan profit. Oleh karena itu, perlu adanya metode pemeliharaan yang baik agar hasil budidaya menjadi optimal.

Baca Juga:  Tips Ampuh Menggemukkan Domba Pedaging

Di lahan 4 × 4 meter, Anda bisa menjadikan puyuh sebagai usaha sampingan yang cocok. Dengan modal Rp25 juta, Anda sudah bisa membuka usaha peternakan puyuh di pekarangan rumah sendiri.

loading...
loading...