Ternyata Antitoksin Pakan Ampuh Tingkatkan Produksi Susu Sapi

Pertanianku — Penurunan kualitas sapi dapat menjadi penyebab hasil produksi susu sapi. Biasanya, kualitas sapi menurun karena gangguan jamur atau cendawan lainnya. Jamur dan cendawan dapat berasal dari pakan yang dikonsumsi oleh sapi. Untuk menghindari cendawan atau jamur, peternak dapat menggunakan antitoksin pakan sapi.

antitoksin pakan
foto: pixabay

Jamur atau cendawan yang menyerang sapi akan menyebabkan hewan menjadi tidak nafsu makan. Nafsu makan yang rendah dapat berakibat pada produksi susu yang akan menyusut. Pada kasus sapi potong, perkembangan jamur atau cendawan dapat menurunkan bobot sapi potong.

Antitoksin atau anticendawan yang dapat digunakan pada pakan adalah mold inhibitor. Fungsi dari mold inhibitor untuk menghambat pertumbuhan jamur atau cendawan di dalam pakan. Antitoksin ini akan bekerja dengan cara mensterilkan pakan, yaitu dengan mengikat racun yang terkandung di dalam pakan sehingga pakan aman untuk dikonsumsi oleh ternak.

Loading...

Antitoksin yang berbentuk serbuk dapat digunakan dengan cara dicampur ke dalam konsentrat atau pakan yang akan diberikan pada sapi. Antitoksin dapat diberikan dengan dosis sebanyak 0,25 kg untuk setiap 1 kg konsentrat. Atau, peternak dapat mengikuti aturan pakai yang biasanya telah tertera.

Pemberian antitoksin pada sapi perah dapat menjaga kualitas dan nafsu makan sapi perah sehingga dapat menghasilkan susu berkualitas dalam jumlah yang banyak.

Antitoksin mengandung mineral aluminium dan silikat. Rahmat Hidayat Baghory seorang peternak dari Pondokrangon rutin mencampurkan serbuk antitoksin sebanyak 0,25 kg dalam konsentrat atau pakan yang akan dikonsumsi oleh sapi. Konsentrat yang digunakan olehnya berupa campuran dedak padi, bungkil kelapa sawi, dan dedak singkong.

Rahmat memberikan pakan hijauan sebanyak 10 persen dari bobot sapi atau sekitar 40—50 kg per ekor per hari dan sebanyak 60 persen atau 30 kg merupakan ampas tahu dan konsentrat. Setiap pemberian konsentrat, ia menambahkan serbuk antitoksin. Jadi, dalam sehari ia menambahkan 4 kg antitoksin pada konsentrat.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Susu Kambing yang Istimewa

Menurut Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc., dari Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor, antitoksin merupakan probiotik yang mampu mensterilisasikan pakan dan meningkatkan nafsu makan.

Loading...
Loading...