Ternyata Begini Penampakan Laba-laba Terbesar di Dunia


Pertanianku — Saat ini, ada lebih dari 46.000 spesies laba-laba tersebar di berbagai habitat di seluruh dunia, di setiap negara dan benua, kecuali Antartika. Beberapa spesies laba-laba juga mempunyai ukuran yang menakjubkan, begitu besar, dan tentu saja, tak banyak dari kita yang pernah melihat.

laba-laba tersebar
Foto: Google Image

Mereka inilah mungkin spesies-spesies yang akan membuat bulu kuduk merinding. Berikut ini 10 laba-laba dengan ukuran terbesar dari seluruh dunia.

  1. Cerbalus aravensis

Laba-laba Cerbalus aravensis mempunyai warna dominan hitam dan putih, yang baru ditemukan di Israel pada 2009. Ia memiliki panjang total 14 sentimeter dan hidup di bawah tanah. Laba-laba ini akan keluar dari sarang bawah tanahnya pada malam hari untuk berburu mangsa.

  1. Laba-laba Pengembara Brazil (Phoneutria)

Laba-laba dari hutan tropis di Brazil ini mempunyai panjang hingga 15 sentimeter dan memiliki racun paling mematikan. Racun laba-laba ini jarang membunuh manusia, tetapi gigitannya akan membuat kita sangat kesakitan. Laba-laba pengembara Brazil adalah pemburu aktif yang mencari dan memburu mangsanya.

  1. Laba-laba Unta (Solifugae)

Karakteristik dari laba-laba ini biasanya kepala dan badannya menyatu atau tidak terdapat bagian perut seperti kalajengking, kemudian memiliki taring besar di depan kepalanya. Laba-laba ini memiliki panjang mencapai 15—16 cm. Laba-laba juga memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat mencapai 16 km/jam.

  1. Hercules Baboon Spider

Seperti laba-laba baboon (besar) lainnya, laba-laba ini juga memiliki karakteristik dengan membuat sarang di dalam tanah. Hewan yang biasa menjadi mangsanya adalah cacing, serangga, dan belalang. Ukurannya juga besar dengan tubuh dan kaki-kaki yang dipenuhi bulu-bulu tipis yang panjang. Laba-laba ini mulai jarang terlihat di alam liar dan dipercaya mendekati kepunahan.

  1. Tarantula Hitam Raksasa Kolombia (Megaphobema robustum)

Tarantula raksasa hitam Kolombia memiliki ukuran tubuh yang besar. Jika sudah tumbuh dewasa, ukuran laba-laba ini dapat mencapai 16—20 cm. Sebagian besar berwarna hitam, tetapi memiliki rambut kecokelatan dan beberapa tanda kemerahan. Spesies ini adalah pemangsa yang sangat agresif, tetapi tidak berbahaya bagi manusia.

  1. Tarantula Merah Tawny Raksasa Brazil (Grammostola mollicoma)

Laba-laba ini ditemukan di Brazil, Uruguay, Paraguay, dan Argentina. Bagian perut dari laba-laba ini dilapisi kulit atau cangkang dengan ketebalan mencapai 16—18 mm. Rambut-rambut yang tumbuh di sekitar pergelangan kaki ini berwarna merah kecokelatan dan inilah yang membuatnya diberi nama tarantula merah.

  1. Poecilotheria rajaei

Laba-laba Poecilotheria rajaei baru-baru ini ditemukan di Sri Lanka pada 2009. Laba-laba ini memiliki rentang kaki 20 cm dan memiliki pita berwarna abu-abu merah muda di perutnya. Laba-laba ini lebih suka hidup di pohon-pohon yang tumbang, batu, dan di dalam rumah orang.

  1. Salmon Pink Pemakan Burung dari Brazil (Lasiodora parahybana)

Terlepas dari namanya, laba-laba ini tidak memakan burung, tetapi serangga, kadal, katak, dan tikus. Laba-laba ini memiliki ukuran panjang kaki mencapai hingga 30 cm, tubuh cokelat dengan rambut salmon-pink yang menerkam mangsanya untuk melumpuhkannya.

  1. The Huntsman Spider (Sparassidae)

Laba-laba ini memiliki panjang kaki mencapai 25—30 cm, dengan ukuran badan 4,6 cm. Laba-laba ini asli dari Asia, tetapi juga dapat ditemukan di daerah subtropis di Florida, Texas, dan California.

Baca Juga:  Irish Wolfhound, Spesies Anjing Terjangkung di Dunia

10 Tarantula Goliath Pemakan Burung (Theraphosa blondi)

Laba-laba ini memiliki bobot terberat di dunia mencapai 170 gram dan merupakan ke-2 terbesar di dunia dengan panjang kaki mencapai 28 cm. Memiliki taring yang mencapai panjang 2,5 cm, dengan julukan pemakan burung dikarenakan ketika ditemukan oleh penjelajah, laba-laba ini sedang memakan burung kolibri. Akhirnya, laba-laba ini dikenal dengan nama pemakan burung.