Ternyata Budidaya Pisang Lebih Dulu dari Padi, Ini Dia 6 Fakta Pisang


Pertanianku — Pisang mengalami perjalanan dan sejarah panjang yang dimulai dari hutan di Asia Tenggara hingga menjadi salah satu buah paling populer di dunia. Budidaya pisang bahkan disebut-sebut lebih dulu ketimbang padi.

Budidaya pisang
Foto: Pixabay

Itu hanyalah salah satu fakta tentang pisang yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini ada 6 fakta penting tentang pisang yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak ulasannya!

  1. Buah pertama yang dibudidayakan

Para ahli berpendapat bahwa buah ini merupakan yang pertama dibudidayakan oleh manusia dan mendahului budidaya padi yang saat ini menjadi makanan pokok manusia. Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi Papua Nugini.

  1. Catatan kitab-kitab kuno

Bukti tertulis paling awal tentang keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 Sebelum Masehi, yang menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai India saat itu. Pisang juga disebutkan dalam berbagai kitab-kitab kuno Hindu, Cina, Islam, dan Yunani.

Bukti budidaya pisang juga ditemukan di kekaisaran Romawi selama 63—14 Sebelum Masehi. Antonio Musa, dokter Kaisar Romawi Octavius Agustinus, adalah orang yang mendorong budidaya pisang di kekaisaran Romawi.

  1. Perjalanan pisang di Eropa

Pada 327 Sebelum Masehi, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang selama ekspedisi mereka ke wilayah Laut Tengah. Kemudian, dengan bantuan penakluk Islam, pisang mencapai Madagaskar dan Palestina. Pisang kemudian melanjutkan perjalanan melalui pelaut Portugis yang membawanya ke Eropa dari Afrika Barat pada awal abad ke-15.

Pada 1482, pisang dibawa oleh para penjelajah Portugis ke Canary Island dan Hindia Barat. Penjelajah Portugis dan Spanyol juga berjasa menyebarkan pisang ke kawasan Karibia dan Amerika.

  1. Sampai di Amerika

Orang Amerika Serikat tidak mengenal pisang sampai 1870. Pisang diperkenalkan kepada masyarakat Amerika hampir pada saat bersamaan oleh dua orang yang berbeda, yaitu Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Tanaman Kekurangan Unsur Hara NPK

Lorenzo adalah seorang kapten laut yang berkunjung ke Jamaika dan menjadi tertarik dengan buah kuning yang dijual di pasar. Karena penasaran, dia membeli beberapa tandan pisang mentah dan menjualnya di pasar buah New Jersey.

Pada saat yang sama, Minor Keith, yang membangun jalan kereta api di Kosta Rika, menanam pohon pisang di dekat jalur kereta api. Ketika pembangunan jalan kereta api selesai, pisang yang sudah matang diangkut ke pelabuhan dengan kereta api, kemudian diekspor ke Amerika.

  1. Budidaya di banyak negara

Saat ini, pisang dibudidayakan di lebih 170 negara dan memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara berkembang. Cina adalah wilayah pertama yang melakukan budidaya pisang secara terorganisir.

  1. Hasil mutasi

Awalnya, pisang berwarna merah dan hijau. Pisang pada masa kini merupakan hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot pada 1836 di Jamaika sehingga berubah warna menjadi kuning.