Ternyata Ini Alasan Pupuk Kimia Memicu Pemanasan Global


Pertanianku Pemanasan global atau global warming adalah salah satu hal yang sangat dihindari di bumi kita ini. Banyak alasan pemicu global warming sendiri. Salah satunya adalah pemanfaatan pupuk kimia dalam setiap tumbuhan yang ada. Pupuk kimia berpengaruh buruk untuk bumi kita tercinta ini. Berikut merupakan beberapa alasan dan penjelasannya.

Pemanasan global
Foto: Shutterstock

Zat nitrogen oksida yang berlebihan

Setiap lapisan atmosfer bumi memiliki ciri khas tersendiri dan berupa gas yang berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu di permukaan bumi. Gas tersebut antara lain Karbon Dioksida, Metana, Nitrogen Oksida, dan Hidrofluorokarbon.

Lalu, di dalam pupuk kimia terdapat banyak sekali kandungan kimia yang ada. Misalnya saja Nitrogen Oksida. Memang ini sangat menguntungkan bagi petani, namun Anda perlu mengetahui bahwa zat tersebut diperlukan bumi, untuk menghangatkan lapisan bumi.

Jika penggunaan zat Nitrogen Oksida ini dilakukan secara terus-menerus dan berlebihan, pastinya akan membuat suhu di bumi semakin meningkat. Contohnya saja salah satu pupuk yang sekarang sedang booming digunakan, yakni pupuk kimia NPK.

Zat yang mudah terbakar

Salah satu ciri-ciri dari zat kimia adalah mudah terbakar. Mungkin kebanyakan dari kita akan bertanya-tanya: bagaimana bisa terbakar ‘kan sudah dibuat menjadi pupuk, jadi risiko untuk pembakarannya akan turun. Memang risiko terbakar akan turun, namun jangan lupa namanya terbakar juga akan tetap terbakar walaupun dalam jumlah kecil.

Misalnya saja beberapa zat yang mudah terbakar di bawah sinar matahari. Untuk pemakaian pupuk pasti di ruang terbuka. Mengingat juga tumbuhan butuh berfotosintesis, dan salah satu unsur yang diperlukan adalah matahari. Jika zat kimia yang terdapat pada pupuk tersebut terkena sinar matahari langsung, kerusakan tanah karena suhu lebih panas juga faktor dari pemanasan global bukan?

Baca Juga:  Petani Indonesia Patut Disebut Pahlawan Pangan

Tanah yang terbakar dan panas secara otomatis akan membuat suhu bumi jadi lebih panas sehingga ini bisa juga disebut sebagai global warming.

Kerusakan tanah

Setiap pupuk kimia yang dipakai secara terus-menerus apalagi dalam jumlah yang besar dapat merusak tanah. Jika setiap tanaman di Indonesia ini memakai pupuk kimia, dengan jumlah yang tidak karuan, tentunya negara dengan tanah yang subur ini lama-lama akan mengering dan rusak. Jika keadaan tanah kita kering dan rusak karena pemakaian pupuk kimia secara berlebihan, tanah tersebut sudah tidak bisa kita gunakan untuk menanam.