Ternyata Ini Cara Konsumsi Melon yang Benar

Pertanianku — Melon merupakan buah yang sangat mudah untuk dijumpai di berbagai tempat. Cara konsumsi melon yang paling sering digunakan adalah sebagai bahan campuran pembuatan es buah, serta dikonsumsi langsung. Hal tersebut dikarenakan rasa segar yang dihasilkan dari buahnya mampu menghilangkan rasa haus.

cara konsumsi melon
foto: pertanianku

Melon mengandung banyak air dan kandungan airnya hingga 95 persen daging buah. Selain menyegarkan, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Air yang dihasilkan dari buah ini mampu menciptakan rasa dingin dan menciptakan efek menyegarkan sehingga mampu meredakan rasa panas dalam perut dan membersihkan ginjal dari sisa-sisa metabolisme.

Melon mengandung vitamin A, B, dan C serta mengandung protein, kalsium, dan fosfor. Buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, kulit, saraf, ginjal, serta mampu mencegah penyakit kanker. Kandungan vitamin C pada buah ini dapat berperan sebagai anti-oksidan yang menangkal radikal bebas dan mempercepat penyembuhan luka serta menjaga kulit agar tidak mudah keriput.

Loading...

Melon yang berwarna merah dan oranye mengandung senyawa kartenoid yang berperan melindungi sel tubuh dari berbagai macam radikal bebas dan mengandung vitamin A yang sangat banyak dan berfungsi untuk mempertahankan jaringan ari pada kulit agar tetap sehat.

Kandungan melon memang sudah tidak diragukan lagi. Terlebih, dengan rasanya yang menyegarkan. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara konsumsi melon yang lebih baik sehingga kandungan vitaminnya tidak sia-sia, berikut ulasannya.

Hindari makan melon dengan buah lain

Mengonsumsi buah melon sebaiknya tidak digabung dengan buah lain. Hal ini akan menyebabkan buah ini sulit untuk dicerna jika dimakan bersamaan dengan buah lain.

Buah yang cocok untuk musim panas dan diet

Baca Juga:  Tanaman Penurun Demam yang Mudah Dijumpai

Karena kandungan airnya yang mencapai 90 persen serta kandungan gula alami yang tinggi membuat buah ini cocok untuk dikonsumsi menjadi buah musim panas. Jika Anda sedang diet, buah ini sangat cocok untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda dan memberikan asupan energi tambahan.

Tidak disarankan untuk penderita penyakit tertentu

Buah yang segar ini sebenarnya tidak disarankan untuk seseorang yang menderita tukak lambung. Meskipun begitu, penderita tetap boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang terbatas.

Tanda-tanda buah melon

Buah yang sudah masak akan ditandai dengan jaringan atau net yang berada di kulit buah sudah terbentuk sempurna, tebal dan merata. Selain itu, ditandai dengan retakan yang berada di pangkal tangkai buah, kulit buah berubah menjadi kekuningan, kulit terasa halus tidak berbulu dan memiliki aroma yang khas.

 

Loading...
Loading...