Ternyata Ini Efek Samping Buah Alpukat yang Tidak Anda Sadari


Pertanianku – Buah satu ini pasti sering dikonsumsi oleh semua golongan masyarakat. Banyak orang pasti lebih memilih mengonsumsi alpukat dengan cara dijus. Tak jarang juga seseorang lebih memilih mengonsumsinya secara langsung. Bahkan, buah satu ini bisa dijadikan kue, dan bahan masakan sekalipun.

Selama mengonsumsi buah alpukat, pernahkah Anda mencari tahu dampak dari efek samping karena terlalu sering mengonsumsi alpukat?

Ternyata mengonsumsi alpukat secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. Inilah yang tidak banyak orang sadari, dan Anda harus tahu mulai hari ini.

Berikut ini efek samping yang akan Anda rasakan jika terlalu banyak mengonsumsi alpukat seperti dilansir dari laman Stylecraze.

Menurunkan kadar kolesterol

Mungkin Anda senang membacanya jika alpukat dapat mengurangi kolesterol. Ya itu benar, tetapi jika mengonsumsinya berlebihan, justru membahayakan tubuh. Sebab, alpukat juga kaya akan beta-sitosterol di mana akan menyerap kolesterol baik (HDL) yang diperlukan dari tubuh.

Penyebab kerusakan liver

Ada beberapa jenis minyak alpukat yang dapat menyebabkan kerusakan pada liver. Cobalah untuk menghindari alpukat Meksiko yang terdiri atas estragole dan anethole. Unsur-unsur ini telah diuji untuk reaksi karsinogenik. Dengan demikian, mengonsumsi alpukat jenis ini dapat menyebabkan kerusakan liver. Jika Anda menderita fungsi liver dan untuk menghindari efek sampingnya, berhentilah mengonsumsi buah ini.

Menyebabkan alergi kulit

Efek alpukat pada kulit yang merugikan adalah alergi. Gejala alergi bisa berupa gatal-gatal, kemerahan di kulit atau eksim. Jadi, jangan terlalu banyak mengonsumsi alpukat.

Penyebab alergi mulut

Jika alpukat dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan alergi mulut. Gejala alergi dapat berupa gatal di mulut dan pembengkakan di lidah.

Penyebab iritasi saluran pencernaan

Baca Juga:  Ingin Alpukat Berbuah di Segala Musim? Begini Cara Merawatnya

Jika Anda mengonsumsi alpukat dalam jumlah besar dapat mengalami sakit perut. Bahkan, kadang-kadang juga menyebabkan iritasi saluran pencernaan.

Itulah beberapa efek samping jika seseorang terlalu sering mengonsumsi alpukat. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menghindari konsumsi alpukat, Anda hanya disarankan mengonsumsi alpukat dengan jumlah yang tidak berlebih untuk mendapatkan manfaatnya.