Ternyata Ini Fungsi Aroma pada Bunga

Pertanianku — Bunga biasanya memiliki aroma sedap, tetapi ada pula bunga yang aromanya bisa membuat kita terganggu. Namun, terlepas dari berbagai aroma yang dihasilkan oleh bunga, sebenarnya apa fungsi aroma pada bunga itu sendiri?

fungsi aroma pada bunga
Foto: Pixabay

Bunga melati, bunga sedap malam, dan bunga mawar adalah beberapa jenis bunga yang memiliki aroma sedap dan banyak parfum yang memiliki aroma seperti beberapa bunga ini. Tapi, selain bunga yang memiliki aroma yang sedap, ternyata ada juga bunga yang memiliki aroma yang tidak enak saat kita menghirup aromanya. Salah satu contohnya adalah bunga bangkai dan juga bunga Raflesia Arnoldii atau bunga raflesia.

Walaupun ada bunga yang memiliki aroma yang harum dan ada juga bunga yang memiliki aroma tidak enak, ternyata fungsi aroma yang dimiliki oleh bunga tetap sama. Aroma yang dikeluarkan bunga berguna untuk menarik perhatian para serangga untuk datang dan hinggap di bunga tersebut.

Serangga yang hinggap di bunga sangat berguna bagi bunga-bunga ini karena bisa membantu proses reproduksi bunga. Saat serangga hinggap di bunga, serbuk sari bunga akan menempel pada serangga dan ikut terbang bersama serangga tersebut ke bunga berikutnya. Proses ini disebut dengan proses entomogami yang berasal dari istilah entomos yang berarti serangga.

Tapi, apakah bunga yang beraroma tidak enak juga bisa menarik perhatian para serangga?

Jangan salah, meskipun bunga seperti bunga bangkai dan bunga raflesia memiliki aroma yang tidak enak, tetap ada serangga yang tertarik untuk hinggap. Serangga-serangga tersebut adalah serangga atau kumbang yang biasanya memangsa bangkai binatang seperti lalat.

Nah, aroma harum pada bunga dihasilkan oleh minyak atsiri, dan semakin tinggi kadar minyak atsiri, maka akan membuat bunga semakin harum. Sementara, pada bunga yang berbau tidak enak, terdapat senyawa bernama dimethyl disulphide (DMDS) dan dimethyl trisulphide (DMTS). Senyawa yang ada di bunga yang menyebabkan keluarnya aroma tertentu pada bunga tadi akan keluar jika bunga terkena suhu tertentu.

Baca Juga:  Tips Membuat Green House Bunga Anggrek
Loading...