Ternyata Ini Fungsi Fosfor pada Pertumbuhan Udang Windu


Pertanianku – Seperti yang diketahui, pakan memegang peranan penting bagi keberhasilan budidaya perikanan, tak terkecuali udang. Pakan yang berkualitas harus mengandung mineral.

Foto: pixabay

Mineral sendiri merupakan unsur pokok dari eksoskeleton, menjaga keseimbangan tekanan osmosa, unsur pokok dalam struktur jaringan, berperan dalam transisi syaraf pusat dan konstruksi otot, sebagai komonen enzim, vitamin, hormon, pigmen, ko-faktor dalam metabolisme, katalisator dan aktivator enzim.

Salah satu jenis mineral yang paling penting di antara 20 jenis mineral yang diidentifikasi mempunyai peranan dalam tubuh udang adalah mineral fosfor.

Secara spesifik, mineral fosfor banyak berperan dalam proses metabolik seperti sebagai komponen fosfolipid, asam-asam nukleat, fosfoprotein, senyawa berenergi tinggi (ATP), berperan sebagai metabolisme intermediate dan ko-faktor.

Fosfor memainkan peranan utama dalam metabolisme energi dalam sel karena hampir semua metabolisme dalam tubuh (protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan energi) mempunyai kaitan yang erat dengan fosfor.

Keberadaan fosfor dalam perairan alami konsentrasinya sangat rendah diperkirakan hanya 0,02 mg/l dan di air payau juga terbatas sehingga perlu ditambahkan dalam pakan.

Sebagai informasi, pakan murni tanpa tambahan mineral menyebabkan udang akan hilang nafsu makan, pertumbuhan lambat, mortalitas tinggi, pembentukan tulang yang tidak sempurna. Udang memerlukan mineral tertentu karena eksoskeleton yang banyak mengandung mineral akan hilang selama ganti kulit.

Fosfor ditambahkan dalam pakan karena jumlah fosfor yang terdapat dalam tubuh udang lebih besar daripada fosfor di air laut. Selanjutnya, dikatatakan kebutuhan udang akan fosfor dan kalsium lebih tinggi dibanding unsur-unsur lainnya dimana penambahan fosfor yang baik sekitar 2%.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...