Ternyata Ini Hebatnya Manfaat Biji Bunga Matahari


Pertanianku — Biji tertentu, seperti chia dan rami, cenderung mendapatkan banyak sorotan sebagai pemasok nutrisi yang cukup besar. Padahal, banyak biji-bijian yang dapat disandingkan, termasuk biji bunga matahari.

biji bunga matahari
Foto: Dok. Pertanianku

Ternyata, jenis bijian tersebut bukan sekadar untuk camilan atau makanan hamster saja. Biji bunga matahari pun kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari yang dikupas atau sekitar 1/4 cangkir atau empat sendok makan memberikan 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

“Lemak mono dan polyunsaturated pada biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli diet terdaftar Alissa Rumsey, dikutip dari Time, Sabtu (20/10).

Satu porsi biji-bijian itu juga mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat. Rumsey mengatakan, lemak, serat, dan protein memainkan peran penting untuk merasa kenyang. Biji matahari pun mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Jenis bijian ini pun memiliki folat yang penting untuk sintesis DNA, fosfor untuk kunci kesehatan tulang, dan selenium dan anti-oksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel. Selain itu, mangan di dalamnya membantu produksi tulang, tembaga membantu kesehatan jantung, dan fungsi kekebalan tubuh. Adapun B6 baik untuk perkembangan kognitif dan fungsi. Sementara, zink penting untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh.

Biji bunga matahari terutama kaya magnesium, mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda. “Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan penjagaan gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli diet terdaftar, Brian St. Pierre.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Kutu Putih pada Kamboja Jepang

Tidak dipungkiri, beberapa jenis biji memiliki keunggulan dibandingkan biji bunga matahari. Biji chia dikemas dengan asam lemak omega-3 nabati dan serat. Biji chia dan biji rami juga lebih tinggi dalam asam lemak omega-3 daripada biji bunga matahari.

“Namun, biji bunga matahari lebih kaya vitamin dan mineral, dan umumnya memberikan profil rasa superior untuk biji chia,” ujar kata St. Pierre.

Biji bunga matahari juga memiliki beberapa konsentrasi tertinggi pitosterol, molekul tanaman yang baik untuk mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat dari bijian itu, cara paling baik dengan dipanggang dengan atau tanpa kulit. Kemudian, kupas dan konsumsi secara langsung.